loader image

Peringati Harganas, Bupati Ingatkan Warga Untuk Berdisiplin Melaksanakan Protokol Kesehatan

HARGANAS – Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM saat memberikan sambutan pada puncak peringatan Harganas Tahun 2020.{{herman}}

RANTAU,- Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM bersama Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani SIP hadiri puncak peringatan Hargana tahun 2020 yang digelar serentak se-Indonesia, Senin (29/06/2020) bertempat di Aula Kantor DPPKB Kab.Tapin.

Dengan mengutamakan protokol kesehatan ketat, peringatan Harganas dilaksanakan sesederhana mungkin dengan hanya mengundang beberapa perwakilan tamu undangan yang dihadiri perwakilan kader, Dinas Kesehatan, IBI serta perwakilan Kodim 1010 Rantau.

Kepala DPPKB Noor Ifansyah SKm MS mengatakan, peringatan Harganas serentak nasional tahun 2020 tanggal 29 Juni sekaligus untuk memperingati hari BKKBN ke-50. Dimana dalam peringatan Harganas tahun ini kita diminta melaksanakan upacara sesederhana mungkin dikarenakan situasi pandemi.

Dikatakan Noor Ifansyah, dalam peringatan Harganas juga dibuka pelayanan KB sejuta Akseptor yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia, dimana seluruh kegiatan pada tanggal 29 Juni harus dilaporkan secara online kepada pemerintah pusat.

Seluruh kegiatan pelayanan KB selama satu hari pada peringatan Harganas harus dilaporkan untuk mencapai target rekor Muri dimana tujuannya untuk menanggulangi berkurangnya pemakaian alat kontrasepsi atau angka putus pakai ditengah pandemi.

Karena masa pandemi masyarakat banyak yang takut datang ketempat pelayanan kesehatan, menyebabakan banyaknya angka putus pakai, salah satu solusi pemerintah ialah melaksanakan program 1 juta akseptor yang sekaligus memperigati Harganas tahun 2020.

Pada program 1 juta akseptor, Kabupaten Tapin mendapatkan target pemasangan IODI Inflan sebanyak 42 orang calon akseptor dan KB suntik sebanyak 95 akseptor dan untuk target pembagian pil dan kondom kepada masyarakat sebanyak 1.789 aksektor.” Kata Noor Ifansyah.

Dalam kesempatan itu juga dilaksanakan penyerahan tropy juara 1 lomba kader institusi masyarakat pedesaan (IMP) tingkat provinsi kepada kader IMP berprestasi yang diserahkan oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM didampingi Ketua TP PKK Hj Ratna Ellyani.

Serta dilakukan pemotongan tumpeng oleh Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM didampingivKetua TP PKK Hj Ratna Ellyani dan Wakil Ketua TP PKK Hj Mustaidah bersama Kepala DPPKB dan Kepala Dinas Kesehatan Kab.Tapin.

Sementara itu Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM dalam sambutannya mengharapkan agar peringatan Harganas dapat memberikan motivasi bagi kita semua dalam membangun masyarakat yang lebih baik.

“Terlebih ditengah pandemi Covid-19 ini diharapkan masyarakat dapat lebih menjaga kebersihan diri dan lingkungan, karena itu disiplin yang tinggi dalam melaksanakan protokol kesehatan sangat penting dalam memutus rantai penyebaran virus corona.” kata Bupati dalam sambutannya.{{her/mb03}}