loader image

Pelindo III Jamin KeamananTerminal Penumpang

ANTREAN PENUMPANG – Pembatasan penumpang di dalam KRL maupun di area peron menyebabkan antrean panjang penumpang di stasiun tersebut. Untuk mengurainya, pemerintah menyediakan bus gratis dan PT Kereta Commuter Indonesia mengujicobakan sistem informasi mengenai antrean melalui laman utama di aplikasi KRL Acccess dan media sosialnya. web

SURABAYA – Direktur Operasi dan Komersial Pelindo III Putut Sri Muljanto menjamin penerapan protokol kesehatan di terminal pe­­num­pang, di seluruh pelabuhan yang dikelolanya. Dimana, kata dia, Pelindo III telah menyiapkan skema pelayanan di area pelabuhan di bawah wilayah kerjanya.

Skema baru ini diterapkan untuk memastikan seluruh kegiatan pe­labuhan, khususnya terminal penumpang, sesuai dengan protokol ke­sehatan yang ditetapkan oleh pemerintah dalam pencegahan pen­ye­baran Covid-19.

Implementasi protokol kesehatan di area pelabuhan penumpang, ka­ta dia, dimulai dengan menerapkan layanan berbasis teknologi da­lam hal pelayanan.

 “Selain itu, penggunaan thermal scanner untuk mendeteksi suhu tu­buh calon penumpang, penggunaan masker, serta penerapan phy­sical distancing juga di berlakukan dengan ketat kepada seluruh ca­lon penumpang dan petugas yang berada di area terminal,” ujar Pu­tut melalui siaran persnya, Senin (29/6).

Putut mengaku, pihaknya juga melakukan pemasangan automatic flap barrier atau gate penumpang otomatis berbasis QR Code. Tu­ju­annya untuk mengurangi tatap muka secara langsung antara petugas dan penumpang.

Putut mengakui, upaya-upaya yang diterapkan tersebut di­mak­sudkan agar perusahaan tetap bisa menjalankan pelayanannya kepada mas­yarakat meskipun di tengah wabah Covid-19. Upaya-upaya ter­se­but juga dimaksudkan untuk mencegah penyebaran Covid-19 se­suai dengan arahan Menteri BUMN, Erick Thohir. rep/mb06