loader image

Bantim Ciduk Pemuda Pemilik 49 Butir Peluru Aktif Tanpa Izin

Pemuda berinisial M Dandi alias Ajet (25), pemilik beragam tipe proyektil aktif tanpa kantobgi izin kepemilikan.(ist)

BANJARMASIN – Buser Polsek Banjarmasin Timur menciduk seorang pemuda, kepemilikan 49 butir peluru aktif beragam kaliber, di wilayah hukum setempat.

“Benar kita amankan seorang pria kepemilikan 49 butir peluru aktif beragam kaliber, tanpa kantongi izin kepemilikan dari Intelkam,” ucap Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Susilo SH, SIK, MH.

Dikatakannya pemuda itu bernama M Dandi alias Ajet (25), warga Jalan Veteran, Gang Mujahidin, Kelurahan Sungai Lulut, Kecamatan Banjarmasin Timur kota Banjarmasin.

“Pemuda ini di jerat dengan pasal 1 ayat (1), Undang – undang Darurat Nomor 12, Tahun 1951, Terkait Kepemilikan amunisi aktif,” kata Kapolsek Bantim.

Dijelaskannya, pihaknya  berkoordinasi dengan Polresta Banjarmasin dan Polda Kalimantan Selatan, antisipasi apakah pemilik peluru aktif ini ada keterkaitan sama kelompok tertentu.

“Kita cari tahu kemungkinan  lain, apakah pemuda ini ada keterkaitan dengan kelompok – kelompok tertentu,” tutur Kapolsek.

Dijelaskannya di ciduknya pemuda itu, dari kepemilikan 49 butir peluru aktif beragam kaliber, Selasa (30/06/2020),  sekitar pukul 01.00 Wita.

“Kita terima laporan masyarakat, adanya seorang pria diduga melakukan pengancaman terhadap warga sekitar dengan menggunakan senjata api.

Setelah diamankan yang ternyata pistol jenis FN itu, untuk menakuti warga, adalah pistol pemantik api, saat penggeledahan badan di TKP oleh Kanit Reskrim, Iptu H Timur Yono SH bersama personel Buser.

Kapolsek Banjarmasin Timur, AKP Susilo SH, SIK, MH menambahkan, untuk memastikan itu, polisi juga melakukan penggeledahan kamar di rumahnya.

“Didalam kamar polisi malah temukan 49 butir amunisi aktif, dari dalam tas sandang pemuda itu, tanpa di lengkapi izin.

Ada pun puluhan proyektil yang kesemuanya aktif itu, terdiri dari 26 butir peluru tajam kaliber 5,56, kemudian 17 butir peluru revolver kaliber 3,8.

Peluru lainnya empat butir peluru karet kaliber 5,56 dan dua butir peluru hampa, kaliber 5,56, di sita amankan di Mako Polsek,” jelas AKP Susilo SH, SIK, MH.

Dari pengakuan pemuda itu ke pihak kepolisian, sekitar 49 butir peluru aktif ini, didapat dari seseorang yang baru dikenalnya, transaksi pembelian pun lewat media OLX, di beli semuanya sekitar Rp300 ribu.

Masih menurut pemuda ini ke polisi, untuk transaksi jual beli peluru aktif ini, oleh penjual tidak diantar ke rumah, di sepakati transakti diletakan dibawah pohon.

“Dari pengakuan, pemuda tersebut tidak bertransaksi langsung dengan penjual, untuk transaksi pembayaran via transfer,” kata Kapolsek Banjarmasin Timur. sam/ris