loader image

Asrama Haji Jadi Tempat Karantina Pasien Covid-19

Asrama Haji menjadi tempat karantina pasien Covid-19 non gejala.ist

BANJARMASIN – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan kembali menyiapkan tempat karantia pasien Covid-19 non gejala medis dan usia rentan di Asrama Haji di jalan Landasan Ulin Kota Banjarbaru.

Namun hingga kini, Asrama Haji milik pemerintah tersebut masih belum ada pasien  Covid-19 non gejala medis dan usia rentan, padahal fasilitas sudah lengkap disediakan baik kamar, tempat tidur,AC danlainnya.

Kepala Kanwil Kemenag Kalsel, H.Noor Fahmi mengatakan, asrama haji sudah disiapkan 94 kamar dalam 1 kamar 2 tempat tidur untuk dijadikan tepat karantina bagi pasien Covid-19.

 “Sampai kemarin belum ada pasien Covid-19 yang masuk di Asrama Haji,” ujar Noor Fahmi di Banjarmasin.

Fasilitas asrama haji berupa AC, tempat tidur, kamar mandi di dalam kamar danlainnya. Yang jelas untuk asrama haji sudah dipersiapkan bagi penanganan Covid-19 di banua ini.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, M.Muslim,mengatakan, Asrama haji sudah disiapkan, memang tiga gedung yang dioptimalkan ditambah lagi beberapa ahri tingkat kesembuhan cukup tinggi.

 “Asrama haji sudah memenuh syarat, sangat layak kita jadikan karantina khusus atau karantina mandiri atau kita sebut para tamu,” ujar Muslim.

Jadi karantina khusus itu bukan rumah sakit darurat, tidak dibutuhkan peralatan medis standar, tapi peralatan yang dibutuhkan untuk perawatan yang sederhana, jadi jangan diartikan penyakit darurat dan itu hanya di rumah sakit.

 “Sebenarnya sejak tanggal 26 Juni sudah disipakan, makanya semua kita siapkan bagian tenaga medis dan gedung dibenahi sudah juga,” jelasnya.

Yang jelas dalam 2 hari ini kasus sembuh lebih banyak dari kasus barunya, artinya masyarakat sudah mulai sadar akan kesehatannya namun perlu juga diperhatikan agar tidak terlalu lengah.rds