loader image

Pasien Sembuh Covid-19 di Banjarmasin Melonjak

Pasien Positif di Kalsel Tembus 3 Ribu

Mempraktekkan – Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor mempraktekkan penerapan protokol kesehatan antara lain mencuci tangan pakai sabun menggunakan air mengalir dan selalu pakai masker. humpro

BANJARMASIN – Angka kesembuhan pasien po­sitif Covid-19 di Kota Banjarmasin, terus me­lonjak dalam seminggu terakhir ini. Bahkan, untuk Kalimantan Selatan juga me­ngalami kenaikan secara signifikan.

Data yang dirilis Gugus Tugas Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan, hingga Minggu (28/6) menunjukan ada tambahan jumlah pasien positif Covid-19 yang telah sembuh sebanyak 82 orang.

Khusus di Banjarmasin, dalam sepekan terakhir setidaknya ada tambahan 95 pasien yang sembuh setelah ada tambahan pada Minggu sebanyak 17 orang, sehingga totalnya menjadi 173 orang. Jumlah tersebut sekaligus menyalip angka pasien yang meninggal, yang hingga Minggu tercatat 115 orang.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Banjarmasin Machli Riyadi membenarkan angka lonjakan kesembuhan pasien positif Covid-19 di Kota Banjarmasin.

 “Iya betul sekali karena saat ini angka kesembuhan sudah meningkat dan bagi OTG (Orang Tanpa Gejala) yang baru yang terinfeksi (hasil swab positif) sepertinya trennya cenderung mulai tidak memunculkan gejala sampai dengan 14 hari,” ujarnya di Banjarmasin.

Dia menyatakan, hampir 50 persen kasus orang terkonfirmasi positif Covid-19 adalah OTG, hingga banyak yang jalani karantina tidak di rumah sakit.  “Karena kalau OTG saja, dikarantina di tempat karantina yang disiapkan, ada dua lokasi kita miliki,” tuturnya.

Sebab, ujar Machli Riyadi yang juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin, jika dirawat di RSUD rujukan, tidak mampu menampung.

 “Kita bersyukur, dengan ketaatan dan semangat untuk sembuh para pasien terkonfirmasi positif Covid-19 ini, angka kesembuhan mulai tinggi,” ucapnya.

Sementara, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalimantan Selatan, HM Muslim menyebutkan hingga Minggu (28/6) ada tambahan jumlah pasien positif Covid-19 yang telah sembuh sebanyak 82 orang.

 “Dengan tambahan 82 pasien tersebut, kini total pasien sembuh di Kalsel tercatat sebanyak 725 orang,” ujarnya pada update penanganan Covid-19 di Kalsel, di Banjarbaru, kemarin.

Muslim merinci, dari 82 pasien yang sembuh tersebut terbanyak berasal dari Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) yakni sebanyak 19 orang, disusul Kota Banjarmasin 17 orang dan Kabupaten Batola dan Kota Banjarbaru masing-masing 13 orang.

Selain itu, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) sebanyak sembilan orang, Kabupaten Banjar delapan orang dan Kabupaten Tanah Laut (Tala) tiga orang.

Namun demikian, kata Muslim, masih ada kasus kematian akibat Covid-19 di Kalsel tercatat sebanyak empat orang yakni dua orang dari Kabupaten HSU dan masing-masing satu orang dari Kabupaten HSS dan Kabupaten Banjar.

Muslim menambahkan, hingga Minggu (28/6), masih ada penambahan pasien baru positif Covid-19 sebanyak 73 orang sehingga totalnya menembus 3.003 orang. Tambahan itu disumbangkan enam daerah, dan terbanyak berasal dari Kota Banjarmasin 36 orang.

Selain itu, Kabupaten HSU sebanyak 18 orang, Kabupaten Banjar 14 orang, Kabupaten HSS tiga orang dan masing-masing satu orang disumbang Kabupaten HST dan Kota Banjarbaru.

Muslim menyebutkan, dari 3.003 pasien positif Covid-19 di Kalsel tersebut di antaranya 2.096 orang dirawat di sejumlah RS dan karantina khusus serta isolasi mandiri.

Dari 3.003 orang pasien positif Covid-19 di Kalsel terbanyak di Kota Banjarmasin 1.281 orang, di antaranya 993 dirawat, 173 sembuh dan 115 meninggal dunia, disusul Kabupaten Banjar 329 orang, 70 sembuh dan 17 meninggal dunia.

Kemudian, Kabupaten Barito Kuala (Batola), sebanyak 262 orang, 69 orang sembuh dan empat meninggal dunia, Kabupaten Tanah Laut (Tala), 229 orang, 67 sembuh dan 10 meninggal dunia, Kabupaten Tanbu 153 orang, 116 sembuh dan tiga meninggal dunia.

Selain itu, Kota Banjarbaru 190 orang, 55 sembuh dan 10 meninggal dunia, Kabupaten Tapin sebanyak 104 orang, 44 sembuh dan dua meninggal dunia.

Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), tercatat 105 orang, 44 sembuh dan enam meninggal dunia, Kabupaten Kotabaru 60 orang dan 34 sembuh dan satu meninggal dunia, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), 66 orang, 23 sembuh dan tujuh meninggal dunia.

Kabupaten Tabalong 75 orang dan sembilan sembuh dan empat meninggal dunia, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), 33 orang, 12 sembuh dan satu meninggal dunia, Kabupaten Balangan 116 orang, sembilan sembuh dan dua meninggal dunia.

Jumlah PDP hingga Minggu (28/6) pukul 17.00 Wita tercatat sebanyak 312 orang atau berkurang tujuh orang dan PDP tersebut di Banjarmasin 187 orang, Kabupaten Banjar 38 orang, Kabupaten Tanah Laut (Tala), 32 orang.

Kabupaten Batola dan Kabupaten Balangan masing-masing delapan orang, Kabupaten Tapin dan Kabupaten Tabalong masing-masing tujuh orang, Kota Banjarbaru enam orang, Kabupaten HSS dan Kabupaten Tanbu masing-masing lima orang, Kabupaten HSU empat orang, Kabupaten HST tiga orang dan Kabupaten Kotabaru dua orang.

Sedangkan jumlah ODP covid-19 sampai Minggu (28/6) hingga pukul 17.00 Wita tercatat 798 atau bertambah satu orang terbanyak di Kota Banjarmasin sebanyak 361 orang, Kabupaten Batola 88 orang dan Kabupaten Banjar 59 orang. ani