loader image

Optimis Rekrut 10 Ribu Akseptor

MADYAN

BANJARMASIN – Dinas Pengendalian Penduduk Ke­luarga Berencana dan Pem­berdayaan Masyarakat (DPP­KBPM) Kota Banjarmasin opti­mis dapat memenuhi target nasio­nal dalam merekrut delapan ribu lebih akseptor pada tahun ini.

 “Kami oleh provinsi Kalsel ditargetkan 8.330 akseptor pada tahun ini. Namun kami berupaya bisa melebihi angka tersebut sebagai cadangan,” ungkap Kepala DPPKBPM, Madyan, usai peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 di Balaikota Banjarmasin, Senin (29/6).

Ia menjelaskan, untuk memenuhi target tersebut, terus aktif menggerakkan kadernya di seluruh kota sungai ini dan tak berpengaruh dengan masa pandemi Covid-19. “Kegiatan kami jalan terus, namun tetap mengutamakan protokol kesehatan,” tuturnya.

Apalagi, hingga kini pihaknya dibantu oleh 26 puskesmas,  serta ratusan bidan dan klinik bersalin yang juga tak henti mengajak dan menyosialisasikan tentang keluarga berencana. “Mudahan -mudahan target kami bisa tercapai dengan dukungan mereka semua,” katanya.

Madyan juga mengakui bahwa dalam ber-KB masih didominasi oleh kaum perempuan. Yang jadi perhatian dan difokuskan pihaknya sat ini, yakni masyarakat di kawasan pinggiran atau masyarakat berpenghasilan rendah.

 “Kawan kader kami sengaja memfokuskan pelayanan KB gratis bagi masyarakat di kawasan pinggiran, ataupun kawasan padat penduduk,  sehingga mereka pun tak segan untuk ikut jadi akseptor,” katanya.   

Puncak perayaan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke 27 tahun 2020 diselenggarakan secara daring dan sesuai SOP protokol kesehatan, karena masih berada dalam kondisi pandemi Covid-19.

Dalam kegiatan ini pula diberikan sebuah apresiasi terhadap seluruh tenaga pelayanan yang berada di lapangan, terutama kepada para kader yang menangani program keluarga berencana.

Melalui sambutannya, Madyan mengungkapkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada para mitra kerja atau kader lintas sektor maupun stakeholder terkait lainnya.

 “Kami berikan apresiasi kepada para mitra kerja lintas sektor dan stakeholder yang sudah berkomitmen dalam program pembangunan keluarga berencana (Bangga Kencana),” ujarnya.

Dalam kegiatan itu pula turut digelar pemotongan Nasi Astakona, pembagian bantuan paket sembako serta interaksi bersama dengan sejumlah kader pendukung program bangga kencana yang sedang berada di lapangan. via