loader image

Kapolda Kalsel Gelar Tabur Bunga Dimakam Pahlawan

TAULADANI – Kapolda Kalsel berharap semua anggota kepolisian dapat mentauladani jiwa kepahlawanan pada kegiatan ziarah makam pahlawan dalam rangkaian Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020. mb/mad

BANJARMASIN – Dalam rangka memperingati rangkaian Hari Bha­yangkara ke-74 tahun 2020, Polda Kalimantan Selatan (Kalsel) menggelar upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makan Pahlawan (TMP) Bumi Kencana Landasan Ulin Banjarbaru, Senin (29/6).

Upacara tersebut di pimpin langsung Kapolda Kalsel Irjen Pol DR Nico Afinta SIK SH MH dan dihadiri Wakapolda, Irwasda, Pejabat Utama Polda Kalsel, Kapolres Banjarbaru serta Kapolres Banjar.

Lawatan ke Taman Makam Pahlawan tersebut, diawali dengan pimpinan ziarah yakni Kapolda Kalsel memasuki Taman Makam Pahlawan dilanjutkan Peng­hormatan kepada arwah para pahlawan, dan mengheningkan cipta.

Selesai upacara dan Pembacaan Doa, Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta memimpin peletakan karangan bunga ke makam Pahlawan serta tabur bunga.

Usai rangkaian kegiatan, Kapolda Kalsel juga menuturkan, bahwa mo­mentum kunjungan ke Taman Makam Pahlawan hendaknya dapat menjadi renungan bersama. Khususnya dalam meneladani semangat perjuangan para Pahlawan.

 “Sebagai penerus bangsa Kita harus menghargai jasa-jasa para Pahlawan dan meneruskan pejuangan dalam pem­ba­ngunan serta menjaga Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, Semoga momentum ini bisa memberi spirit bagi aparat Kepolisian dalam menjalankan tugas-tugas kepahlawanan untuk ma­sya­rakat,” ucapnya.

Menurutnya, peringatan Hari Bhayangkara ke-74 tahun 2020 yang bertemakan “Kamtibmas Kondusif, Masyarakat Semakin Produktif” sangat tepat dimaknai bahwa Polri dalam tugasnya memelihara Kamtibmas harus senantiasa hadir untuk masyarakat.

Penerapan protokol kesehatan pun dilakukan dalam upacara ziarah dan tabur bunga di Taman Makam Pahlawan, dan kegiatan inj rupanya juga dilaksanakan setiap Polres yang ada di Kabupaten kota secara serentak.

Hal ini sebagai upaya mewujudkan Program kedua dari lima (5) program Kapolda Kalsel Irjen Nico Afinta yakni penguatan Harkamtibmas dengan meningkatkan kepekaan faktual terhadap situasi global, regional, dan lokal dalam upaya pandemi Covid-19. Mad/ris