loader image

Bupati : Pembangunan Kios Pasar Langkah Cerdas dan Tepat

Memotong Pita – Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta memotong pita sebagai tanda diresmikannya Pasar Jumat Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Jumat (19/6). ant

PELAIHARI – Bupati Tanah Laut, H Sukamta me­ngaku sangat me­ngap­re­sia­si pembangunan Kios Pasar Jumat Desa Pulau Sari menggunakan Dana Desa (DD) tersebut.

 “Saya kira pembangunan kios pasar tersebut adalah sebuah langkah cerdas dan tepat diambil Pemerintah Desa Pulau Sari,” ujar H Sukamta saat meresmikan Pasar Jumat Desa Pulau Sari, Kecamatan Tambang Ulang, Jumat (19/6).

Kios dibangun dengan total biaya Rp51,3 juta tersebut, sebut dia, be­ro­pe­rasi setiap hari Selasa siang ser­ta hari Jum’at sore dan malam. Sukamta mengungkapkan, pe­nggunaan dana desa untuk pem­bangunan kios pasar sebuah perencanaan cerdas bagi sebuah desa.

 “Ini adalah sebuah langkah yang sangat cerdas dengan menggunakan dana desa dengan memprioritaskan pem­bangunan kios pasar. Ba­yangkan dengan iuran per­tahun sebesar Rp300 ribu dan ada 24 kios, maka pertahunnya Pendapatan Asli Dae­rah (PAD) sebesar Rp7,2 juta. Artinya cukup tujuh tahun bakal balik modal sisanya adalah keuntungan desa,” ujarnya.

Orang nomor satu di Bumi Tun­tung Pandang tersebut pun ingin langkah yang diambil Pem­des Pulau Sari ditiru oleh pem­des lain di Kabupaten Tanah Laut.

Sukamta berujar, jika uang sebesar Rp51,3 juta tersebut  dipakai untuk membangun drainase, maka hanya akan terbangun drainase sepanjang 200 meter saja.

 “Nah ini untuk kios pasar manfaatnya besar karen pedagang bisa berjualan ditempat yang nyaman, pembeli juga nyaman, sehingga kegiatan ekonomi kita me­ning­kat dan peningkatan ke­se­jah­te­raan rakyat kita semakin tinggi,” tutur bupati.

Terpisah, Kepala Desa Pu­lau Sari, Mat Asyari me­ngatakan, saat ini dibangun dua buah los, satu losnya terdapat 12 buah kios.  “Saat ini ada dua los atau 24 buah kios yang ditempati pedagang. Untuk satu kiosnya para pedagang dikenai iuran sebesar Rp300 ribu pertahun,” jelasnya.

Peresmian penggunaan kios pasar tersebut ditandai dengan pemotongan pita oleh Bupati Tanah Laut H Sukamta diiringi dengan ucapan sholawat dari para masyarakat yang hadir.

Turut hadir pada kegiatan peresmian Pasar Jumat Desa Pulau Sari tersebut, Camat Tambang Ulang, Ade Gumelar, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Tambang Ulang, tokoh masyarakat dan tokoh agama Desa Pulau Sari. ant/ani