loader image

Langkah Garuda Bertahan dari Tekanan Corona

Ilustrasi © WEB

JAKARTA – PT Garuda Indonesia Tbk (Persero) terus mencari cara untuk menghadapi dan menghindari tekanan yang diakibatkan oleh penyebaran abah virus corona. Cara terbaru yang mereka tempuh mempercepat penyelesaian kontrak kerja pilot dengan status hubungan kerja waktu tertentu.

Percepatan dilakukan setelah perusahaan memotong gaji karyawan akibat pandemi virus corona. Direktur Utama Garuda Indesia Irfan Setiaputra mengatakan penyelesaian kontrak itu dilakukan demi menyelaraskan ketersediaan dan permintaa operasional penerbangan yang terdampak pandemi covid-19.

Ia memastikan perusahaan tetap memenuhi kewajiban terkait seluruh tahapan dalam kontrak kerja pilot-pilot tersebut.

“Melalui penyelesaian kontrak tersebut Garuda Indonesia tetap memenuhi kewajibannya atas hak-hak penerbang sesuai masa kontrak yang berlaku,kata Irfan seperti dikutip dari pernyataannya, Selasa (2/6).

Irfan menambahkan kebijakan tersebut diambil dengan pertimbangan matang.  eski berat untuk dilakukan, Irfan memastikan langkah ini harus dilakukan untuk melewati masa sulit karena pandemi covid-19.

“Ini keputusan berat yang harus kami ambil. Namun demikian, kami yakin Garuda Indonesia akan dapat terus bertahan dan kondisi operasional perusahaan ak terus membaik dan kembali kondusif sehingga mampu melewati masa yang sangat menantang bagi industri penerbangan saat ini,” ujar Irfan.

Sebelumnya, untuk mengurangi tekanan akibat virus corona, Garuda memutuskan memotong gaji karyawan. Informasi soal pemotongan gaji karyawan tersebu tertuang dalam Surat Edaran Garuda Indonesia Nomor: JKTDZ/SE/70010/2020 tentang Ketentuan Pembayaran ake Home Pay Terkait Pandemi Covid-19. rep/mb06

Baca juga :  Meski Pandemi, Pengembang Yakin Industri Properti Membaik