loader image

Pengiriman Gadget Diramal Merosot

JAKARTA – Pengiriman gadget, seperti PC, tablet, dan smartphone, diprediksi akan menurun secara global sebesar 13,6% pada 2020 sebagai akibat dari pandemi Covid-19, menurut perkiraan perusahaan riset Gartner dikutip dari Cnet. Pengiriman PC, tablet, dan ponsel akan turun hingga angka 1,9 miliar unit tahun ini.

Secara rinci, pengiriman PC diperkirakan menurun 10,5% tahun ini, meskipun Gartner mengatakan itu bisa “jauh lebih buruk.”

Peningkatan jumlah orang yang bekerja dari rumah telah mendorong departemen TI untuk beralih ke lebih banyak notebook, tablet, dan perangkat Chromebook untuk pekerja, menurut Gartner.

“Lockdown karena Covid-19 memaksa bisnis dan sekolah untuk memungkinkan jutaan rang bekerja dari rumah dan meningkatkan pengeluaran untuk notebook, Chromebook, dan tablet baru,” kata Ranjit Atwal, direktur riset senior di Gartner dikutip dari Cnet.

 “Pendidikan dan instansi pemerintah juga meningkatkan pengeluaran pada perangkat itu untuk memfasilitasi e-learning,” lanjutnya.

Gartner juga memperkirakan bahwa peng­­­­i­riman smartphone akan turun 14,6% karena masa pakai telepon meningkat dari 2,5 tahun pada 2018 menjadi 2,7 tahun pada 2020.

 “Sementara pengguna lah meningkatkan penggunaan ponsel mereka untuk berkomunikasi dengan kolega, mitra kerja, teman, dan keluarga sela­ma penguncian, berkurangnya pendapatan mengakibatkan lebih sedikit konsumen memiliki daya beli meningkatkan ponsel mereka,” kata Atwal.rep/mb06