loader image

Mal Beroperasi, Tidak Semua Buka Normal

JAKARTA – Asosiasi Pengelola Pusat Belanja In­donesia (APPBI) DKI Jakarta mengungkapkan be­lum tentu semua toko atau tenant akan buka ke­tika mal mulai beroperasi kembali pada 5 Juni 2020 mendatang usai PSBB. Saat ini, aturan terkait je­nis toko yang buka masih dikaji.

Sebelumnya, Ketua APPBI DKI Jakarta Ellen Hi­da­yat mengatakan jenis toko yang dibuka kerap dia­tur oleh pemerintah ketika kebijakan Pembatasan So­sial Berskala Besar (PSBB) berlaku. Menurut atur­an PSBB, ada beberapa kategori usaha yang bo­leh buka, misalnya makanan dan minuman, ritel, dan lainnya.

Sementara kategori usaha yang belum boleh bu­ka saat ini misalnya bioskop, salon, wahana per­mainan anak, dan lainnnya. Pasalnya, jenis usa­ha ini diperkirakan sulit menerapkan jaga jarak fi­sik (physical distancing) “Saat buka kembali, kami belum tahu apakah ka­te­gori tersebut boleh dibuka atau harus me­n­yu­sul,” ungkap Ellen.

Menurut Ellen, yang saat ini bisa dipastikan ada­lah penyesuaian jam operasional mal. Ren­ca­na­nya, jam operasional akan berubah dari 10.00-22.00 menjadi 11.00-20.00 WIB.  cnn/mb06