loader image

Tapin Tingkatkan Tanam IP 200 Padi Unggul

BANTUAN BIBIT – Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM saat menyerahkan bantuan bibit padi pada acara Panen dan Gerakan Tanam Padi serentak nasional bertempat di Desa Harapan Masa, Kec.Tapin Selatan. (herman)

RANTAU,- “Selesai panen, jangan menunda-nunda tanam IP 200” hal itu disampaikan Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM saat membuka secara resmi kegiatan panen dan tanam padi serentak IP 200 tanam  serentak nasional, bertempat di desa Harapan Masa, Kec.Tapin Selatan, belum lama tadi.

Seperti yang dikatakan Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM, untuk meningkatkan produktifitas hasil pertanian, petani diharapkan segera mengolah lahan untuk memulai tanam IP 200 setelah panen padi selesai.

“Karena untuk memanfaatkan musim penghujan, baiknya segera laksanakan tanam padi untuk yang kedua kalinya.” Pinta Bupati saat diwawancara awak media.

Seperti yang diungkapkan Bupati, bersamaan dengan gerakan panen dan tanam padi serentak nasional ini selain meminta petani untuk segera melaksanakan tanam IP 200, kita juga meminta jajaran Dinas Pertanian untuk menyalurkan Sabrodi untuk keperluan para petani, terutama menjamin ketersedian pupuk serta obat-obatan.

Alhamdulillah dibantu oleh TNI, program pertanian kita berjalan dengan lancar dimana target setiap tahun selalu tercapai, oleh karena itu sebagai daerah penyangga pangan nasional yang telah dua kali direkomendasikan oleh presiden, kita berharap target pertanian kita terus tercapai.

“Karena itu, apa yang menjadi kendala petani akan kita perhatikan dan kita tindaklanjuti, termasuk alat sanara dan prasarana pertanian yang akan kita kordinasikan dengan Kementerian Pertanian,” papar Bupati.

Dalam kegiatan gerakan panen dan tanam padi diwilayah kecamatan Tapin Selatan, Bupati Tapin HM Arifin Arpan MM juga menyerahkan bantuan bibit unggul kelompok tani Harapan Masa 1.

Ditambahkan Bupati, selaku  pemerintah daerah, kita akan berupaya memberikan dukungan dalam pengembangan pertanian, termasuk menyiapkan bantuan obat-obatan untuk pengendalian hama penyakit tanaman agar petani dapat melaksanakan pengendalian penyakit secara serentak atau berkelompok untuk mengurangi populasi hama yang menyerang tanaman.

Diungkapkan Bupati Tapin, untuk luas tanam padi dari sasaran yang diberikan seluas 64.000 Ha, untuk masa tanam pertama sampai tanggal 2 Maret 2020 sudah tercapai luas tanam selikar 62.000 Ha dimana selanjutnya kita mengejar musim tanam kedua untuk mencapai target 64.000 Ha luas tanam.(her/mb03)