loader image

Ikan Segar Didistribusikan ke Warga Terdampak Covid-19

MARTAPURA – Bupati Banjar H Khalilurrahman secara simbolis melepas mobil box ikan segar yang akan didistribusikan ke warga yang ekonominya terdampak akibat wabah  Corona atau Covid-19.

Pelepasan disaksikan Kadis Perikanan Banjar Riza Dauly dan pejabat terkait di Mahligai Sultan Adam, Martapura, Selasa (19/5).

Sebelum melepas dua buah mobil box berpendingin, Guru Khalil langsung menyerahkan paket ikan segar terdiri ikan nila dan patin kepada lima perwakilan warga masyarakat.

Dewi salah satu penerima bantuan ikan segar mengaku sangat berterima kasih. “Bantuan ini sangat berarti dan membantu keluarga kami di tengah wabah Corona ini. Sebab,

kami lebih banyak di rumah dan hampir tak bisa beraktivitas lagi di luar,” ujar Dewi yang bekerja di bank sampah ini.

Guru Khalil berharap, bantuan ikan segarselain daripada bantuan sembako akan sedikit meringan beban warga masyarakat akibat dari dampak Covid-19.

“Paket ikan segar ini kita beli dari petani ikan, dan akan kita bagikan ke masyarakat yang terdampak Covid-19. Mudah-mudahan, mereka tetap di rumah, dengan makanan yang cukup bantuan dari

pemda,” harapnya.

Paket ikan segar sejumlah 30.500 lebih untuk 30.500-an KK dari enam kecamatan yang mengikuti pembatasan sosial berskala besar (PSBB) meliputi Kecamatan Martapura, Martapura Timur, Kertak Hanyar, Sungai Tabuk, Gambut, dan Tatah Makmur.  “Bantuan bertahap, sehingga keseluruhan kecamatan yang ikut PSBB tercakup,” ujar Kadis Perikanan, Riza Dauly.

Menurutnya, beberapa tujuan pihaknya menyalurkan bantuan sosial berupa ikan segar ini ialah untuk membantu pemenuhan gizi masyarakat, juga agar tetap ada akses pasar  bagi pembudidaya yang kesulitan menjual ikannya selama wabah Corona. Selain itu, diharapkan mampu menstabilkan harga ikan biar terjangkau oleh masyarakat bawah, dan pemerintah membelanjakan uangnya ke masyarakat maka kesatabilan ekonomi di wilayah bisa terjaga dengan baik.

“Bila ada ikan yang tidak layak harap lapor ke kecamatan, karena akan kami ganti. Ikan terdiri dari nila dan patin, dua produk unggulan daerah kita,” imbuhnya.adi/rds