loader image

Dinkes Balangan Rapid Test Sejumlah Pedagang

RAPID TEST – Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan lakukan Rapid Test kepada pedagang, di Pasar Induk Paringin dan Pasar Modern Adaro.(ist)

PARINGIN – Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan lakukan Rapid Test kepada pedagang, di Pasar Induk Paringin dan Pasar Modern Adaro, kemarin.

Rapid Test ini dilakukan untuk menyasar para pedagang yang berasal dari luar daerah Kabupaten Balangan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan, Erwan Mega Karya Latif menyampaikan kegiatan Rapid Test ini, dilaksanakan karena mengikuti perkembangan dari beberapa Kabupaten lain seperti Banjarmasin yang setelah melakukan rapid test di area pasar.

“Kita perlu melakukan pemeriksaan, apalagi pedagang yang ada ini banyak dari daerah-daerah luar yang sudah cukup lumayan juga kasusnya dari luar,” terangnya.

Lanjutnya, Erwan mengatakan, pengecekkan dilakukan untuk semua pedagang yang berasal dari luar Kabupaten Balangan.

“Jadi, kita langsung periksa kemudian kalau hasilnya reaktif maka kita melakukan tindakan lebih lanjut lagi,” Ujarnya.

Kemudian hasil Rapid Test akan konfirmasi dengan Kabupaten asalnya dan disampaikan untuk ditindak lanjuti, untuk sementara tidak diperbolehkan berdagang di Kabupaten Balangan.

Erwan, berharap agar langkah ini bisa mengantisipasi dan memutus mata rantai penularanCovid-19 di kalangan masyarakat Balangan.

Pemeriksaan dilakukan oleh personil dari gabungan Dinas Kesehatan, Puskesmas sekitar 50 orang, Satpol PP Balangan sekitar 30 orang, anggota Polres Balangan sekitar 20 orang dan TNI sekitar 10 orang.(ril/mb03)