loader image

Bupati Ansharuddin Pantau Pembangunan Ruang Isolasi Pasien Covid-19

RUANGAN ISOLASI – Peninjauan serta memantau langsung renovasi ruangan isolasi Covid-19 di RSUD Balangan.(ist)

PARINGIN – Bupati Balangan Ansharuddin bersama Jajaran Muspida dan Dinas Kesehatan serta Gugus Tugas Covid-19 melakukan peninjauan serta memantau langsung renovasi ruangan isolasi Covid-19 di RSUD Balangan, kemarin.

Ruang isolasi di RSUD Balangan khusus pasien Covid-19 ini dibangun dari satu bulan kemaren dianggarkan melalui dana Penangan Covid-19 sebesar Rp600 juta dengan jumlah Kamar sebanyak 7 buah.

Disela pemantauannya, Ansharuddin mengatakan, peyediaan ruang isolasi ini untuk mempermudah penanganan pasien Covid-19 di Kabupaten Balangan, di mana sebelumnya RSUD belum memiliki ruangan isolasi standar.

Sebagai rumah sakit milik pemerintah daerah sudah sewajarnya menyediakan ruangan isolasi Covid-19. Maka hari ini kita lakukan pemantauan pengerjaan renovasi ruang isolasi, agar disesuaikan dengan standar yang sudah ditentukan.

Diutarakannya, pengerjaan ruang isolasi ini sudah tahap penyelesaian dan diperkirakan dalam akhir Mei ini sudah selesai.

Lebih lanjut Bupati mengatakan, ruang isolasi sebanyak 7 ruangan yang khusus untuk pasien Covid-19 harus dilakukan agar mengantisipasi segala kemungkinan yang akan terjadi.

“Penambahan ruang isolasi untuk mengantisipasi kalau seandainya ada warga kita yang harus diisolasi terkaid dengan Covid-19 ini, namun kita tetap berdo’a semoga ruang ini tidak terisi,” sebutnya.

Bupati Balangan juga berpesan agar ruang isolasi ini dibangun senyaman dan sebagus mungkin.

Sementara itu, Direktur RSUD Balangan, dr Ferry menyebutkan, ada 7 ruangan  isolasi yang dibangun dan lokasi berada jauh dan terpisah dari ruang pelayanan kesehatan lain. “Dengan adanya ruang isolasi khusus memudahkan tim medis kita melakukan penanganan pasien Covid-19,” ungkapnya.

Lanjutnya, pihaknya juga sudah menyiapkan tenaga medis yang siap bertugas ketika ruangan isolasi ini sudah selesai.

Kita berharap tidak ada kasus PDP atau positif di daerah kita namun kita harus mewaspadai Orang Tanpa Gejala (OTG) oleh karena itu kita telah melakukan langkah antisipasi ketika hal itu terjadi, salah satunya penyiapan ruang isolasi ini.

Di sela pemantauan ini, Ansharuddin juga melakukan pengecekan ketersediaan APD dan stok obat di RSUD Balangan yang sampai saat ini persediaan tersebut masih cukup untuk penanganangan Covid-19.(mc/mb03)