loader image

Laz Harus Berstrategi Saat Corona

PEMBAYARAN ZAKAT – Umumnya memasuki sepuluh hari terakhir Rama­dhan, kaum muslimin sudah mulai men­ya­lur­kan zakat mereka, baik berupa zakat harta maupun zakat fitrah, kepada lembaga resmi atau kepada perorangan. Membayar zakat fitrah merupakan pen­yem­pur­na ibadah puasa Ramadhan. Zakat jenis ini juga masuk ke dalam salah satu dari lima rukun Islam. web

INSTITUTE For Demographic and Poverty Stu­dies (Ideas) menyatakan penghimpunan dana di lembaga zakat (Laz) turun drastis di tengah pan­demi Covid-19. Namun, Laz bisa tetap ber­ta­hap bila melakukan strategi baik eksternal maup intenal.

Peneliti Ideas, Ahsin Aligori me­ngatakan, Ideas me­re­ko­men­da­si­kan beberapa strategi yang bi­sa diam­bil Laz agar mampu ber­tahan di tengah pandemi yang sam­pai saat ini belum diketahui ka­pan berakhir.

Strategi pertama, menjalin ko­la­bo­rasi program dengan pihak-pi­hak lain. Kedua, memperketat ke­uangan lem­baga selama krisis de­ngan mem­buat skala prioritas, te­ru­tama dalam ang­garan ope­ra­si­onal lembaga.

Strategi berikutnya adalah me­ni­­ngkatkan kanal pembayaran do­nasi se­cara digital sejalan de­ng­an me­ni­ng­katkan brandinLaz. Ba­gi Laz yang men­jadi im­ple­men­tasi proyek dari do­nor, lem­baga harus menguatkan ke­­per­ca­ya­an kepada donor.

“Bahwa lembaga mereka bisa te­tap bekerja sesuai dengan target ya­ng ditetapkan tanpa me­ng­u­ra­ngi efek­tifvitas layanan program ke­pada mas­yarakat,” kata Ahsin me­lalui si­aran pers.

Ideas melakukan survei ter­hadap 100 responden melalui form online. Se­banyak 49 persen res­ponden me­ru­pakan pegiat so­sial yang bekerja di lembaga amil za­kat, sebenyak 15,3 persen be­ker­ja di lembaga ya­yas­an sosial, dan 35,7 persen be­kerja pada bis­nis sosial.

Hasil survei menemukan fak­ta bah­wapandemi Covid-19 ber­da­m­pak pada menurunnya pe­ng­him­pun­an lembaga secara dras­tis pada ki­sar­an 20-50 persen. Pa­dahal bia­sanya bulan Ra­ma­dhan adalah pun­cak pe­ng­him­pu­nan dana zakat. “Na­mun pada ta­hun ini terjadi se­ba­lik­nya,” kata dia. rep/mb06