loader image

75 Orang di Polymerase Chain Reaction

PEMERIKSAAN – Dinas kesehatan melaksanakan pemeriksaan kepada tenaga kesehatan dan masyarakat.(muaz)

BATULICIN – Dikatakan Reaktif masih belum bisa dinyatakan positif corona, karena masih ada tahapan Pemeriksaan melalui metode polymerase chain reaction (PCR) atau swab test.

Dinas kesehatan Tanah Bumbu swab test terhadap tenaga kesehatan dan masyarakat yang dinyatakan reaktif bertempat di Hotel Hilmar Kecamatan Batulicin, Sabtu (16/5).

Tenaga kesehatan dan masyarakat yang menjalani pemeriksaan swab tes hari ini sebanyak 75 orang, pemeriksaan swab tes tersebut dimulai sejak pukul 10.00 pagi dan selesai pada pukul 14.00 wita.

Menurut Kepala dinas Kesehatan Tanah Bumbu H Setia Budi membenarkan bahwa dinas kesehatan melaksanakan pemeriksaan swab tes kepada tenaga kesehatan dan masyarakat yang dinyatakan reaktif.

” Dengan dilakukannya pemeriksaan swab tes kepada tenaga kesehatan dan masyarakat kita dapat dengan cepat mendapatkan hasil dari pemeriksaan tersebut, sehingga dapat mengambil langkah selanjutnya sesuai dengan prosedur yang ada, ” kata Budi.

Sedangkan untuk mengetahui hasil dari swab tes tersebut fositif maupun negatif diperkirakan dengan waktu selama 10 hari setelah dilakukan pemeriksaan swab tes.

Apabila nantinya hasil swab tes keluar positif maka dari Pemerintah Daerah akan mengarahkan pasien ke Hotel Tanah Bumbu untuk dilakukan persiapan dan pemeriksaan.

Di Hotel Tanah bumbu pasien akan di periksa oleh tim dokter spesialis dari RSUD Andi Abdurahman Noor guna memastikan kondisi pasien, dan tahapan penanganan.

Apabila pasien ada keluhan atau sakit maka akan di arahkan ke rumah sakit rujukan yakni RS Boejasin Pelaihari Kabupaten Tanah Laut atau ke RS Ulin Banjarmasin, akan tetapi apabila pasien dalam kondisi sehat maka alternatif tempat penanganan selanjutnya ada di Wisma Ambulung atau Bapelkes Kota Banjarbaru.

Pemeriksaan swab tes tersebut dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Dinas Kesehatan dan didampingi tenaga laboratorium kesehatan (Labkes) Daerah, yang terdiri dari 3 orang analis, 1 orang dokter dan 1 orang admin.(mz/mb03)