loader image

Tujuh Orang Reaktif

Rapid Tes – Koni Kalsel kembali gelar rapid tes, Sabtu kemarin terhadap atlet dan pelatih wasaka. mb/Mad

BANJARMASIN – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) melakukan pemeriksaan kesehatan dilingkungan olahraga meng­gunakan rapid test tahap II, Sabtu (16/05/2020).

Rapid test yang kedua ini ditujukan kepada atlet dan pengurus tim Waja Sampai Kaputing (Wasaka) Kalsel dalam Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2020, pengurus dan staf KONI Kalsel, serta wartawan olahraga.

Sebelumnya, pada tanggal 02 Mei 2020, KONI Provinsi Kalsel menggelar rapid test pertama atau skrining awal dengan tujuan mendeteksi apakah tubuh yang diperiksa telah terpapar Virus Corona (Covid-19) atau tidak.

Ketua KONI Kalsel, Bambang Heri Purnama menjelaskan, setelah menunggu hasil rapid test tahap I dan II akhirnya ditemukan tujuh orang dinyatakan reaktif Covid-19.

“Rapid test pertama hasilnya reaktif sebanyak dua orang. Rapid test kedua ini kita positif lima orang, dari pelatih ada, pengurus ada, dan wartawan juga ada,” ung­kapnya.

Selanjutnya, kata Bambang Heri Purnama bahwa seluruh hasil rapid test ini akan diteruskan dan diserahkan kepada Dinas Kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

“Saya sudah berkoordinasi dengan dokter KONI, bahwa hasil ini akan dilanjutkan bersama Dinas Kesehatan, untuk melakukan tindakan selanjutnya yakni swab test,” katanya.

Dijelaskan Bambang Heri Purnama, dengan bekerja bersama Dinas Kesehatan diharapkan penanganan tersebut menjadi lebih baik. Selain itu, lingkungan keluarga dekat yang reaktif juga akan dilakukan pemeriksaan.

“Nanti segera ditangani keluarga dekatnya dengan melakukan tes juga, tentunya dengan harapan semoga tidak terjangkit,” ujar Bambang Heri Purnama.

Ia pun berpesan kepada seluruh masyarakat khususnya bidang olahraga agar selalu mengikuti imbauan pemerintah tentang pencegahan penyebaran pandemi Virus Corona dilingkungan sekitar.

“Makanya kita harus selalu menjaga jarak, jaga kesehatan, serta kebersihan, yang kemarin negatif sekarang bisa kena positif,” ucapnya.

Bidang Kesehatan Olahraga KONI Kalsel, dr. Bimo Harmaji menuturkan, seluruh hasil rapid test tersebut sudah diserahkan kepada Dinas Kesehatan untuk penanganan lebih lanjut.

“Hasil rapid test yang reaktif memang ada, tapi sudah kita sampaikan ke Dinas Kesehatan untuk ditindak­lanjuti,” pungkasnya. Mad