loader image

Gugas Gelar Penyemprotan Massal di Sejumlah Pasar Kota Banjarmasin

Ketua Harian Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kalsel, H Abdul Haris didampingi Wakil Ketua Harian, H Hanif Faisol Nurrofiq saat memimpin apel gerakan massal penyemprotan disinfektan di sejumlah titik di Kota Banjarmasin.

BANJARMASIN – Gugus Tu­gas (Gugas) Percepatan Pe­na­ng­an­an Covid 19 Provinsi Ka­li­man­tan Selatan menggelar pen­yem­prot­an massal di enam pasar wi­la­yah Kota Banjarmasin, Minggu (17/5).

Direncanakan kegiatan yang sa­ma juga akan dilaksanakan di se­mua wilayah yang mem­ber­la­ku­kan Pembatasan Sosial Ber­ska­la Besar (PSBB) dan beberapa ka­bupaten/kota lainnya se-Kalsel.

Ketua Harian Gugus Tugas Per­cepatan Penanganan Covid-19 Kal­sel, H Abdul Haris Makkie usai apel gabungan penyemprotan di­sinfektan massal mengatakan ke­giatan tersebut menindaklanjuti se­makin meningkatnya jumlah te­muan kasus positif Covid-19 di Kal­sel.

“Menurut ahli epidemiologi bah­kan sebenarnya kasus positif ma­sih banyak yang belum ter­de­teksi, bahkan jumlahnya bisa men­capai 2 ribu kasus positif lebih sebenarnya,” kata Haris.

Diharapkan dengan pe­lak­sa­na­an penyemprotan disinfektan ma­s­sal dapat menekan peny­e­bar­an virus Covid lebih luas lagi khu­susnya di tempat publik se­perti pasar.

Berbarengan dengan ke­gi­at­an penyemprotan massal Pem­prov Kalsel juga sekaligus me­ner­junkan tim komunikasi in­for­masi dan edukasi ke masyarakat un­tuk menyampaikan pesan-pe­san agar masyarakat berperan ak­tif dalam pencegahan Covid.

“Caranya dengan mengikuti im­bauan pemerintah untuk jaga ja­rak, hindari kerumunan, pe­ri­la­­ku hidup bersih dan sehat ser­ta jaga imunitas tubuh dengan ola­h­raga,” anjur Haris.

Kegiatan penyemprotan di­sin­fektan juga melibatkan ang­gota TNI dan Polri, Gugus Tu­gas Kota Banjarmasin serta tim epi­demiologi. Lokasi kegiatan pen­yemprotan massal adalah di Pa­sar Lama, Pasar Lima, Pasar Bin­jai, Pasar Sudimampir, Pasar Lo­kasi dan Pasar Pekauman Ban­jar­masin. ary/ani