loader image

Bupati Tak Ingin Ada Rakyat Kelaparan

Menyerahkan Bantuan – Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta secara simbolis menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) berasal dari dana desa untuk warga terdampak Pandemi Covid-19. hms

PELAIHARI – Demi meringankan beban warga terdampak ekonomi akibat merebaknya virus corona, Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) dana desa ditiga desa Kecamatan Tambang Ulang, Selasa (12/5).

Tiga desa tersebut yakni Desa Sungai Pinang, Desa Pulau Sari dan Desa Gunung Raja dan bantuan itu di­se­rah­kan secara simbolis oleh Sukamta didampingi Camat Tambang Ulang, Ade Gumilar SSTP dan masing-masing Kepala Desa kepada masing-masing tiga orang perwakilan penerima dari tiga desa.

Dalam data ada 102 penerima dari Desa Sungai Pinang, 83 penerima dari Desa Pulau Sari dan 90 penerima dari Desa Gunung Raja dan mereka itu warga miskin yang selama ini belum mendapat bantuan seperti program keluarga harapan (PKH).

Selain itu, bantuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTSK) serta program bantuan Pemerintah Lainnya, sesuai kebijakan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar.

Dalam instruksi itu termuat, BLT yang berasal dari dana desa disalurkan pada April-Juni 2020 yakni sebesar Rp600 ribu/KK/bulan, dengan begitu setiap warga penerima akan memperoleh Rp1,8 juta untuk tiga bulan.

Sukamta menjelaskan pemerintah pusat telah menginstruksikan terkait dana desa agar dipergunakan untuk tiga hal yakni untuk pe­na­nganan Covid-19, padat karya serta BLT yang bertujuan untuk membantu keluarga yang saat ini kesusahan membeli bahan kebutuhan pokok.

“Tidak sedikit warga Tanah Laut yang mengalami penurunan pendapatan cukup drastis akibat pandemi ini, saya mengharapkan agar BLT ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk men­cu­kupi kebutuhan sehari-hari oleh para penerima yang paling penting sekarang adalah jangan sampai ada rakyat Tanah Laut yang kelaparan,” ucap Sukamta.

Lebih lanjut, Sukamta menyampaikan saat ini banyak bantuan yang diberikan kepada warga yang terdampak penyebaran virus tersebut yakni bantuan pangan non-tunai melalui APBD yang disalurkan pemerintah Kabupaten Tala untuk warga lansia.

Selain itu, bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), BLT) berasal dari dana desa serta bantuan Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), mengingat ada banyak program bantuan tersebutSukamta mengimbau agar masing-masing penerima tidak mendapat bantuan dua kali lipat (double).

Usai menyerahkan BLT secara simbolis, Sukamta berlanjut menandai salah satu rumah warga penerima bantuan pemerintah di Desa Gurung Raja. can/ani