loader image

Indeks Pembangunan Manusia Kalsel Terus Meningkat

BANJARMASIN – Hampir lima tahun me­mim­pin banua, duet kepemimpinan Gu­ber­nur H Sahbirin Noor (Paman Birin) dan H Rudy Resnawan meretas berbagai kemajuan di berbagai bidang pembangunan baik secara fisik maupun non fisik.

Hal tersebut dibuktikan saat paparan la­poran keterangan pertanggungjawaban (LKPj) kepala daerah pada tahun anggaran (TA) 2019 di hadapan anggota DPRD Pro­vinsi Kalsel, di Banjarmasin.

Salah satu indikator adalah capaian in­deks pembangunan manusia (IPM) yang te­r­us mengalami peningkatan dari tahun ke ta­hun. “IPM Kalimantan Selatan pada tahun 2019 mencapai angka 70,72, sedangkan ta­hun tahun 2018 hanya 70,17,” ungkap Gu­bernur Kalsel H Sah­bi­rin Noor di Gedung DPRD Kalsel, baru-ba­ru tadi.

Keberhasilan meningkatkan IPM tak le­pas pula dari keberhasilan Pemprov Kalsel da­lam menekan angka kemiskinan dan pe­ng­angguran.

Berdasarkan data statistik tingkat pe­ng­ang­guran terbuka Kalsel pada tahun 2018 ter­catat 4,50 persen. Angka tersebut turun 0,19 persen pada tahun 2019 yakni sebesar 4,31 persen.

Sementara untuk tingkat kemiskinan, pa­da tahun 2018 sebesar  4,54 persen dan ta­hun 2019 mengalami penurunan menjadi 4,47 persen.

“Angka kemiskinan di daerah kita, jauh be­rada di bawah rata-rata nasional,” kata Pa­man Birin. Peningkatan IPM Kalsel tersebut tak akan terwujud tanpa adanya sinergi dan ke­bersamaan dari seluruh stakeholder maupun DPRD Kalsel.

Selaku Gubernur Kalsel, Paman Birin ber­harap kebersamaan dan sinergi terus di­kembangkan dan dipupuk untuk mencapai Kal­sel mandiri dan terdepan (Mapan) dan se­jahtera. “Terus bergerak bersama untuk men­capai Banua Mapan dan rakyatnya se­ja­h­tera,” pungkas Paman Birin. ary/bdm/ani

Baca juga :  Bupati Banjar Larang Rapat Tatap Muka