loader image

Al Tamar Bersama Bank Kalsel Berikan Bantuan APD ke Puskesmas

TENAGA KESEHATAN – Yayasan Al Tamar yang bergerak di bidang sosial dan pendidikan bersama Bank BPD Kalsel cabang setempat juga turut membantu pemberian alat pelindung diri (APD) bagi tenaga kesehatan yang bekerja di Puskesmas. ist

PARINGIN – Dukungan dan ke­pe­du­lian kepada tenaga kesehatan (me­dis) dalam penanganan virus co­ro­na atau Covid-19 terus ber­da­tangan, di Ka­bu­paten Balangan Ya­yasan Al Tamar yang ber­ge­rak di bidang sosial dan pe­n­d­i­dik­an bersama Bank BPD Kalsel ca­bang setempat juga turut mem­bantu.

Bantuan atau dukungan ya­ng di­be­rikan oleh lembaga ter­sebut, be­rupa pemberian alat pe­lindung diri (APD) bagi tenaga ke­sehatan ya­ng bekerja di Pus­kes­mas.

Ketua Yayasan Al Tamar Ri­sa­la­tun Nahdia Tamrin men­yam­paikan, ada tiga Puskesmas yang oleh pihaknya diberikan APD yak­ni, Puskesmas Batumandi, Lok Batung dan Awayan. Untuk jumlah APD yang di­berikan, kata Nahdia, adalah 30 bu­ah APD sehingga tiap Pus­kes­mas ke­ba­gi­an 10 buah APD.

Pihaknya, menurut Nahdia, be­r­harap, bantuan ini dapat mem­ban­tu Tim Gugus Tugas dan te­na­ga medis khu­sus­nya dalam an­ti­sipasi dan pencegahan pen­­ye­bar­an Covid-19 di Kabupaten Ba­langan.

“Meski jumlahnya terbatas, ka­mi tetap berharap bantuan APD ini bisa bermanfaat dan pandemi Covid-19 se­g­ara berak­h­ir,” ha­rapnya.

Senada itu, Ahrina Mau­li­di­ya, Kelapa Seksi Pelayanan Bank BPD Kalsel cabang Balangan men­yampaikan, penanganan dan pe­nanggulangan virus corona ini merupakan tugas bersama, bu­kan han­ya para tenaga medis atau pun gu­gus tugas yang dibentuk pe­­merintah.

Untuk itulah, kata Maulidiya, pi­haknya turut serta membantu perjuangan melawan virus co­rona tersebut. Salah satu upaya yang bisa pi­haknya lakukan, lanjut dia, ia­lah memberikan bantuan berupa APD bagi para tenaga medis.

Terlebih, lanjut dia, sudah ban­yak dokter, perawat dan tenaga medis di Indonesia yang ber­jatuhan meninggal dunia akibat terpapar virus corona saat berjuang memberikan pelayanan dan pengobatan kepada para pasien.

Sehingga, kata dia, pen­ye­di­aan peralatan medis seperti APD saat ini menjadi hal yang sangat penting. Penggunaan APD me­ru­pa­kan prosedur utama da­lam kegiatan pelayanan ke­se­hat­an. Tujuannya untuk m­e­ng­an­tisipasi resiko keselamatan dan k­e­sehatan kerja para petugas medis.

“Meski tidak seberapa jum­lah­nya, kami berharap APD yang di­sum­ba­ng­kan ini sedikit bisa mem­bantu tim ke­se­hatan yang me­rupakan garda ter­de­pan ya­­ng be­r­hadapan langsung de­ng­an pa­sien terjangkit virus co­ro­na,” pu­ng­­kasnya. mc/mb03