loader image

Ditengah Covid-19, Sukamta Minta ASN Tala Tidak Ke Banjarmasin

Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta saat memimpin rapat Soal Ekonomi dengan Forkopimda dan instansi terkait

PELAIHARI – Selain mengambil kebijakan bekerja di rumah atau work from home (WFH), Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta meminta aparatur sipil negara (ASN) di lingkungan Pemkab Tanah Laut tidak ada yang ke Banjarmasin.

Kebijakan itu seiring dengan ditetapkannya Kota Banjarmasin sebagai daerah transmisi Covid-19. Karena dalam situasi dan kondisi demikian tidak diketahui siapa saja orang dari daerah transmisi yang membawa virus korona tersebut.

“Artinya, siapapun dari daerah transmisi yang ke Tala, punya potensi menularkan virus corona,” tegas Sukamta ketika memimpin rapat terkait dampak ekonomi dari Covid-19 di Aula Pencerahan Bappeda Tala, di Pelaihari, Kamis (2/4).

Rapat itu dihadiri Sekdakab Tala, H Dahnial Kifli, para asisten, staf ahli serta para kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD) di lingkup Pemkab Tala.

Sukamta menambahkan dampak ekonomi dari wabah Covid-19 yang sangat terasa, terutama penurunan pendapatan dari para pedagang kaki lima (PKL), karena Pemkab Tala segera mengambil langkah-langkah ke depan dan hadir ditengah-tengah masyarakat kecil.

“Minimal kebutuhan makan mereka selama satu bulan tercukupi,” jelasnya. Meski pendapatan turun, Sukamta menekankan kebutuhan makan dalam rumah tangga tidak perlu mengeluar­kan uang dalam jumlah besar, pemerintah telah hadir ikut meringan­kan beban rakyat.

Sukamta juga mengatakan terkait program Gapura Karomah, secara tegas dikemukakan diambil kebijakan, penundaan angsuran selama satu tahun bagi para pedagang. can/ani