loader image

Satu Pasien Dalam Pengawasan di Kalsel Meninggal Dunia

BANJARBARU – Satu pasien dalam pen­ga­wasan (PDP) di RSUD Ulin Banjarmasin yang masuk Kamis (2/4) yakni Ulin-26 usia sekitar 58 tahun asal Banjarmasin dilaporkan telah meninggal dunia dan sudah dimakamkan.

“Pasien yang meninggal dunia tersebut belum bisa dipastikan positif Covid-19, karena hasil pemeriksaan sedang dikirim ke laboratorium di Jakarta,” kata Juru Bicara Pencegahan, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kalsel, HM Muslim di Banjarbaru, Jumat.

Sedangkan hasil pemeriksaan PDP yang sudah turun ada empat orang yang dinyatakan negatif dan kondisinya sehat sehingga diperbolehkan pulang yakni Ulin-19 dan Ulin-20 dari Banjarbaru serta Ulin-21 bayi satu tahun dan Ulin-22 anak tiga tahun masing-masing dari Banjarmasin.

Muslim menyebutkan, PDP yang masih dirawat di RSUD Ulin Banjarmasin saat ini ada enam orang yakni empat dari Banjarmasin masing-masing satu dari Kabupaten Tabalong dan pasien dengan KTP Pontianak.

Muslim menyebutkan pasien yang terkonfirmasi positif Covid-19, masih delapan orang yakni Ulin-1, Ulin-9 asal Kabupaten Banjar, Ulin-10 asal Kabupaten Banjar, Ulin-11 asal Kota Banjarmasin dan Ulin-13 asal Kabupaten Tabalong, Ulin-15 dari Kabupaten Banjar serta K-1 dan K2 dari Ulin-1 dari Banjarmasin.

Pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yakni Ulin-1 dari Banjarmasin dan Ulin-10 dari Kabupaten Banjar saat ini kondisinya stabil, Ulin-11 dari Banjarmasin memasuki hari ke-11 masih dalam perawatan intensif.

Kemudian, Ulin-13 dari Kabupaten Tabalong memasuki hari ke-11 kondisinya stabil, sedangkan Ulin-15 dari Kabupaten Banjar memasuki hari ke-7 perawatan di RSUD Ulin Banjarmasin kondisinya masih mengalami sesak nafas.

Sedangkan pasien K1 dan K-2 dari Ulin-1 asal Banjarmasin kondisinya baik dan semua pasien mulai Ulin-1, Ulin-9, Ulin-10, Ulin-13 dan Ulin-15 yang terkonfirmasi positif Covid-19 itu adalah impor.

Muslim menyebutkan, jumlah ODP covid-19 sampai Jumat (3/4) hingga pukul 17.00 Wita tercatat 1.359 orang atau bertambah 21 orang terbanyak masih berada di Kota Banjarbaru mencapai 201 orang disusul Kabupaten Tabalong sebanyak 171 orang.

Selain itu, Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) sebanyak 139 orang, Kota Banjarmasin 133 orang, Kabupaten Banjar 127 orang, Kabupaten Kotabaru 116 orang, Kabupaten Balangan 97 orang dan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) 92 orang.

Selanjutnya, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sebanyak 72 orang, Kabupaten Barito Kuala (Batola) sebanyak 70 orang, Kabupaten Tanah Laut (Tala), 66 orang, Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), 33 orang dan Kabupaten Tapin 40 orang.

Dalam rangka mencegah penyebaran virus covid-19 itu, kata Muslim, secara masif dilakukan penyemprotan cairan disinfektan di semua fasilitas umum.

Guna mencegah penyebaran covid-19, lanjutnya, diharapkan ada peningkatan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas), rajin berolahraga, istirahat yang cukup, mencuci tangan pakai sabun dan menggunakan masker.

“Jika masyarakat merasa demam dan sesak nafas hendaknya segera memeriksakan kesehatan kepada pusat pelayanan kesehatan terdekat,” katanya. ani