loader image

Kopda 2020 Resmi Ditunda

BANJARMASIN – Menyusul rentetan penundaan kegiatan olahraga di Kalsel, Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah pula meng­e­lu­ar­kan surat penundaan penyelenggaraan Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) Kalsel tahun 2020

Kegiatan yang direncanakan akan digelar, Minggu (29/03/2020) kemarin, terpaksa ditunda mekihat situasi dan kondisi daerah yang sedang bertarung dengan wabah covid 19.

Surat keputusan tersebut dibuat atas edaran dari Kementerian Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Kemenpora) RI, sebagai tindak lanjut upaya pencegahan penyebaran virus Corona Disease 2019 (Covid-19) dan surat protokol kewaspadaan pencegahan wabah Covid-19 bagi kegiatan olahraga.

Rencananya, Popda Kalsel akan dise­lenggarakan di Banjarmasin pada tanggal 31 Maret sampai 6 April. Namun, Dispora Kalsel secara resmi telah mengeluarkan surat kepu­tusan menunda sementara waktu pelaksanaan kegiatan ini.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kalsel, M Fitri Hernadi menjelaskan, mulai dari technical meeting hingga penyelenggaraan Popda Kalsel 2020 ditunda sementara hingga waktu yang diten­tukan.

“Sampai adanya konfirmasi, rekomendasi dari Kementerian Kesehatan dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana tentang berakhirnya potensi penyebaran Virus Corona di wilayah kita,” ujarnya.

Walaupun ditunda sementara, M Fitri Hernadi berpesan kepada seluruh atlet dan pelatih agar tetap melaksanakan program latihan. Hal ini untuk menjaga kebugaran atlet itu sendiri.

“Diharapkan kepada seluruh atlet dan pelatih tetap melaksanakan program latihan demi menjaga kesehatan dan kebugaran, sehingga tetap siap untuk mengikuti Popda yang jadwalnya akan ditentukan kemudian,” katanya.

Dijelaskannya, penyelenggaraan Popda merupakan persiapan untuk mengikuti Pekan Olahraga Pelajar Wilayah (Popwil) dan kemudian dilanjutkan ke jenjang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas).

“Semua Kabupaten dan Kota telah berko­mit­men mengirim kontingen atlet dalam Popda Kalsel 2020, sejauh ini kita belum dapat kabar apabila ada wilayah yang terpaksa tidak bisa mengirimkan kontingen,” tandasnya.

Diketahui, delapan cabang olahraga akan dilombakan dalam ajang Popda Kalsel 2020 yaitu Sepakbola, Bola basket, Bola voli, Pencak silat, Tenis meja, Bulu tangkis, Tennis, dan Sepak takraw. Mad