loader image

Giliran MotoGP Prancis Ditunda

Mundur Lagi – Giliran MotoGP Prancis Ditunda, Start MotoGP 2020 Mundur Lagi. Mirco Lazzari gp/Getty Images

Jakarta – Start MotoGP 2020 dipastikan mundur lagi. Yang teranyar, giliran MotoGP Prancis yang kena tunda akibat imbas dari pandemi virus Corona.

Keputusan penundaan itu disepakati oleh FIM, IRTA, dan Dorna Sports. MotoGP Prancis yang sedianya dihelat di Le Mans pada 15-17 Mei mendatang mesti mengalami penjadwalan ulang.

“Pandemi virus Corona terpaksa membuat ajang ini harus dijadwal ulang,” demikian pernyataan MotoGP dalam rilis resminya.

“Mengingat situasi saat ini masih terus berubah secara konstan, tanggal baru untuk pelaksanaan balapan GP Prancis, dan balapan GP Spanyol yang sebelumnya juga ditunda, belum bisa dikon­fi­ram­sikan sampai dengan situasi menjadi lebih jelas mengenai ke­mu­n­g­kinan untuk melang­su­ng­kan balapan-balapan. Revisi kalender akan dirilis sesegera mungkin.”

Dampak dari pandemi COVID-19 di dunia sudah membuat sejumlah seri balapan tahun ini mengalami penun­daan. Sebelum Le Mans ada pula balapan di Jerez, men­yu­sul MotoGP Thailand, MotoGP Austin, dan MotoGP Argentina yang sudah duluan kena jadwal ulang. Bedanya, Jerez dan Le Mans belum dapat jadwal baru.

MotoGP Qatar, yang awalnya menjadi seri perdana MotoGP 2020, bahkan cuma menghadirkan Moto2 dan Moto3. Balapan kelas MotoGP di seri tersebut mengalami pembatalan.

Merujuk pada kalender MotoGP 2020 untuk sementara ini, seri balapan setelah MotoGP Prancis adalah MotoGP Italia di Mugello. Race dijadwalkan pada 29-31 Mei. krs/cas