loader image

BI Optimistis Rupiah Menguat

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) optimis nilai tukar rupiah akan meguat ke level Rp 15 ribu per dolar AS pada akhir tahun 2020. Gubernur BI, Perry Warjiyo mengatakan rupiah tidak hanya akan bergerak stabil tapi akan cenderung menguat.

“Kami punya keyakinan nilai tukar tidak hanya bergerak stabil tapi cenderung menguat hingga Rp 15 ribu per dolar AS pada akhir tahun,” katanya, Kamis (2/4).

BI memandang nilai tukar saat ini berada pada level memadai. Perry juga me­nyam­pai­kan, BI terus melakukan stabilisasi nilai tukar rupiah agar bergerak stabil. Dalam sepekan terakhir, stabilitas berjalan baik, baik di pasar modal, maupun pasar keuangan.

Perry mengatakan saat ini rupiah terjaga dan masih undervalue. Keyakinan penguatan rupiah seiring dengan konfiden dari pasar yang terbangun. BI intens melakukan komunikasi dengan investor asing yang menyampaikan tetap konfiden pada Indonesia.

Dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) kemarin, disebutkan bahwa skenario terburuk rupiah mencapai Rp 17.500 dan Rp 20.000 per dolar AS. Perry menegaskan bahwa itu adalah what if scenario yang diantisipasi agar tidak terjadi, bukan proyeksi.rep/mb06