loader image

Ahli Sarankan Tidak Gunakan Lensa Kontak Saat Wabah Virus Corona

Pengguna contact lenses atau lensa kontak sepertinya harus dipertimbangkan kembali menggunakannya di tengah wabah virus corona saat ini.

Dikutip dari CNN, seorang ahli menyarankan, pengguna lensa kontak untuk me­ng­gan­ti­nya dengan kacamata untuk sementara waktu. Pasalnya dengan menggunakan lensa kontak seseorang akan lebih berisiko terinfeksi virus corona dibandingkan dengan mereka yang menggunakan kacamata.

Dr Thomas Steinemann dari American Academy of Ophthalmology mengatakan, dengan menggunakan lensa kontak seseorang akan lebih sering memegang wajah hingga matanya. Hal ini membuat mereka lebih rentan untuk terinfeksi virus corona COVID-19 dibandingkan dengan mengenakan kacamata.

Ia menambahkan, mengenakan kacamata juga bisa melindungi mata dari partikel-partikel yang terbawa di udara. Terlebih, ketika mengenakan lensa kontak seseorang akan lebih mudah mengucek mata atau menyentuh daerah mata dibanding dengan yang mengenakan kacamata. Hal ini sangat berbahaya jika tangan orang tersebut dalam keadaan kotor.

“Bagian ini lembap dan disukai virus, sebenarnya ada banyak organisme yang dapat menempel dengan mudah pada konjungtiva, atau dalam hal ini, menempel pada lensa kontak yang juga bertumpu pada konjungtiva Anda,” katanya.

Gejala konjungtivitis meliputi rasa gatal atau terbakar, penglihatan kabur, merah atau merah muda pada bagian putih mata, nanah, lendir, dan cairan berwarna kuning di mata serta seringkali menempel di ujung mata setelah tidur.

Di samping itu, dr Steinemann mengimbau orang-orang untuk mencegah penyebaran virus corona, setiap orang disarankan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir, tidak menyentuh wajah, dan meningkatkan sistem imunitas.dtc/ron