loader image

Suzuki Tutup Pintu untuk Valentino Rossi

Bergabung – Valentino Rossi tidak mungkin bergabung ke Suzuki di 2021. Jean-Francois Monier/AFP

Jakarta – Usai kontraknya tak diperpanjang Yamaha, kelanjutan karier Valentino Rossi usai 2021 dipertanyakan. Hal yang jelas adalah Rossi tak mungkin berlabuh di Suzuki.

MotoGP 2020 akan menandai akhir karier Rossi bersama Yamaha. Pasalnya, pabrikan Jepang itu sudah memutuskan bahwa Rossi digantikan Fabio Quartararo, yang akan bertandem dengan Maverick Vinales untuk musim 2021-2022.

Spekulasi masa depan Rossi kemudian merebak. Juara dunia sembilan itu dihubungkan dengan ke­pin­dahan ke Petronas Yamaha SRT, menggantikan Qu­ar­ta­ra­ro, ataupun pensiun. Apalagi, Rossi kini sudah berusia 41 tahun.

Manajer Suzuki Davide Brivio pernah mengecap sukses besar ketika memanajeri Rossi di Yamaha. Lantas apakah kerjasama keduanya bisa berlanjut di Suzuki? Brivio menutup peluang tersebut.

Menurut Brivio, Suzuki masih akan mempertahankan duet Alex Rins dan Joan Mir. Sekalipun belum ada peng­u­mum­an resmi, kedua pebalap sudah bersedia untuk tetap bertahan.

“Di bursa saya percaya bahwa sebuah kesepakatan besar sudah tuntas,” ucap Bri­vio yang dikutip Tu­t­to­mo­to­ri­web. “Kami memang belum meresmikannya, tapi saya kira tidak ada masalah dengan Rins dan Mir.”

“Mereka ingin bertahan dan kami ingin mem­per­ta­han­kan mereka, cuma masalah tanda tangan di atas kertas saja secepatnya,” sambung Brivio.

“Sekarang ini kami tidak memiliki sebuah motor untuk Valentino karena strategi kami adalah berlanjut dengan dua pebalap kami, jadi itu tidak mungkin,” lugas dia. rin/aff