loader image

Stok Darah PMI Tala menipis, Bupati Langsung Donor

Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta saat mendonorkan darahnya guna menambah stok darah di PMI Kabupaten Tanah Laut

PELAIHARI – Ditengah persoalan merebahnya virus corona, ternyata stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut (Tala) ikut menipis.

Kondisi tersebut membuat Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta langsung melakukan donor darah, sembari mengajak masyarakat untuk donor darah, di Kantor Sekretariat Daerah Tala, di Pelaihari, Selasa (24/03).

Kegiatan donor darah tersebut dilakukan lantaran per tanggal Senin (23/03) stok kantong darah milik Unit Donor Darah (UDD) PMI Tala menipis.

PMI langsung melakukan permohonan bantuan pengerahan donor darah, agar para Aparatur sipil negara (ASN) dan Pegawai tidak tetap (PTT) dapat mendonorkan darahnya.

Bupati Tala Sukamta mengimbau seluruh ASN serta masyarakat luas agar bisa mendonorkan darahnya di UDD PMI Tala. “Stok darah kita agak menipis, ayo warga Tala kita donor ke PMI karena satu tetes darah dapat menyelamatkan nyawa manusia,” ujar Sukamta.

Orang nomor satu di Bumi Tuntung Pandang tersebut selama ini memang dikenal rutin mendonorkan darahnya setiap tiga bulan sekali.

“Saya memang rutin donor darah tiap tiga bulan sekali, namun kemarin saya ada operasi jadi satu tahun tidak bisa donor, Alhamdulillah sekarang bisa donor lagi,” tutur Sukamta.

Tak lupa, Sukamta juga mengajak seluruh masyarakat Tala agar tidak bergerombol atau berkumpul dengan jumlah massa yang banyak terlebih dahulu guna mencegah penularan virus korona.

Selain diadakannya kegiatan donor darah, Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan COVID-19 Tala melakukan penyemprotan cairan disinfektan di Kantor Setda Tala, para petugas penyemprot disinfektan memasuki ruangan demi ruangan yang ada di Kantor Setda Tala sembari menyemprotkan cairan disinfektaan ke seluruh ruangan.

Selain di Kantor Setda Tala, penyemprotan cairan disinfektan tersebut juga dilakukan di Kantor Diskominfo Tala dan Kantor Satpol PP dan Damkar Tala. can/ani