loader image

Ribuan APD Tiba di Kalsel, Jokowi Instruksikan Segera Dibagikan

Menerima Bantuan – Ketua Gugus Tugas Pencegahan Pengendalian dan Penanganan virus COVID-19 Provinsi Kalsel, H Abdul Harris (kiri) saat menerima bantuan alat pelindung diri (APD) dari Pemerintah pusat setelah tiba di Bandara Internasional Syamsudin Noor Banjarmasin.

BANJARBARU – Lebih dari 1.500 buah alat Alat Pelindung Diri (APD) bagi petugas medis ya­ng menangani pasien suspect Co­vid-19 telah tiba di Kalsel.

Ketua Harian Gugus Tugas Pen­cegahan, Pengendalian dan Pe­na­nganan Covid-19 Kalsel, H Wah­yuddin, mengkonfirmasi bah­wa secara bertahap 1.500 le­bih APD yang dikirim oleh pe­me­rintah pusat telah datang.

“APD sudah tiba malam ini se­banyak 1.500 buah, se­be­lum­nya ada 30 buah APD juga telah di­kirim,” kata Wahyuddin, di­dam­pingi Jubir Gugus Tugas P3 Co­vid-19 Kalsel, HM Muslim, Ra­bu (25/3).

Penggunaan APD akan di­pri­o­ritaskan bagi rumah sakit (RS) rujukan bagi pasien suspect co­rona di seluruh kabupaten dan ko­ta se Kalsel. “APD akan di­ba­gikan prioritas kepada rumah s­a­kit rujukan yang telah di­te­tap­kan,” kata Wahyuddin.

RS rujukan penanganan Co­vid-19 di Kalsel antara lain RSUD Ulin Banjarmasin, RSUD Haji Boejasin Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut dan RSUD dr HM Anshari Saleh Ban­jarmasin.

Sebelumnya, Presiden Jo­ko­wi memastikan sudah men­dis­tribusikan  sebanyak 105 ribu APD ke provinsi di Pulau Jawa dan Luar Jawa.  Pernyataan Jo­kowi menanggapi adanya la­por­an rumah sakit di provinsi yang ma­sih belum menerima bantuan APD.

Jokowi mengaku sudah me­ng­ecek bahwa rumah sakit-ru­mah sakit di provinsi sudah me­ne­rima bantuan APD dari pe­me­rintah. Ia pun meminta Dinas Ke­sehatan di setiap Provinsi un­tuk segera mendistribusikan ke ru­mah sakit-rumah sakit yang mem­butuhkan bantuan APD un­tuk menangani pasien yang ter­ja­ngkit corona.

“Tadi sudah saya cek, su­dah menerima semuanya. Saya ing­­in Dinkes Provinsi segera dis­­tribusikan ke rumah sakit-ru­mah sakit yang memerlukan se­ce­­pat-secepatnya,” katanya. adpim/ani