loader image

Bupati Tetapkan Status Balangan Tanggap Darurat Covid-19

TANGGAP DARURAT – Bupati Balangan H Ansharuddin menaikkan status penyebaran virus Corona (Covid-19) di Kabupaten Balangan, menjadi Tanggap darurat Penanganan Covid-19. ist

PARINGIN – Bupati Balangan H An­sha­rud­din menaikkan status penyebaran virus Co­rona (Covid-19) di Kabupaten Balangan, men­jadi Tanggap darurat Penanganan Covid-19.

Status Tanggap Darurat ini terhitung dari ta­ng­gal 23 maret 2020 sampai 05 April 2020 ter­hitung 14 hari dan apabila situasi belum me­mungkinkan akan diperpanjang 14 hari ke­mudian.

“Surat Keputusan Tanggap Darurat Co­vid-19 sudah saya tanda tangani hari ini. Ini jadi perhatiaan khusus untuk semua ele­men agar bersama sama memutus mata rantai pen­yebaran Virus Covid-19 di Bumi Sa­ng­gam,” ujar Bupati Balangan, H An­sha­rud­din.

Dengan keadaan darurat ini, kata Bu­pati, Pemkab Balangan bersama gugus tugas pe­nanganan Covid-19 melakukan langkah-la­ngkah baru. Seperti penyiapan dan pe­nam­bahan Peralatan RSUD dan Penyemprotan ru­tin Disimpektan dan meskipun sampai hari ini di hasilnya negatif Covid-19.

“Sementara kita siapkan anggaran Rp 1 Mi­liar untuk penanganan Covid-19 ini, ang­garan ini bisa bertambah kalau dibutuhkan. Ya­ng jelas semua biaya yang timbul akibat se­ba­gai akibat Wabah corna ini biayanya dibebankan kepada APBN Dan APBD Ba­la­ngan 2020,” terangnya.

Pemkab Balangan, lanjut Bupati juga te­rus berkoordinasi. Baik dengan Forkopimda Ba­langan maupun dengan Pemprov Kalsel te­r­kait perkembangan kasus dan pe­na­ng­an­an, apabila ditemukan dugaan kasus Corona.

Sementara itu, Gugus Tugas Pen­ce­gah­an, Pengendalian dan Penanganan Covid-19 Kabupaten Balangan menyatakan jumlah ora­ng dalam pemantauan (ODP) di Bumi Sang­gam bertambah menjadi 32 orang.

Update informasi tambahan ODP di Ba­la­ngan dengan total keseluruhan 32 orang di Update Gugus Tugas Kabupaten Ba­langan, Selasa (24/3/2020) pukul 06.00 wita, lalu.

Kepala Dinas Kesehatan sekaligus Tim Gu­gus Tugas Kabupaten Balangan, Erwan Me­­ga, menjelaskan, 32 ODP itu tersebar di 8 kecamatan yang ada di Kabupaten Ba­la­ngan. Dengan rincian sebanyak 4 orang Ke­ca­matan Paringin, 8 orang di Paringin Se­latan, 6 orang di Batumandi, 4 orang di Lam­pihong, Halong ada 1 orang, Awayan ada 2 orang dan Kecamatan Tebing tinggi 1 orang.

Erwan terus mengimbau agar mas­ya­ra­kat tetap tenang dan tidak panik, namun tetap was­pada dalam menyikapi pandemi Covid-19 ini, jaga kesehatan dan sementara hindari ke­ramaian.

“Jangan panik namun tetap waspada, hin­dari keramaian atau paling baik berdiam di­rumah, kemuadian yang terpenting lagi jaga tu­buh kita tetap fit, sesering mungkin men­cu­ci tangan dengan sabun dibawah air me­ng­alir,” tambahnya.{{mc/mb03