loader image

Potong Gaji Demi Klub

Dipotong – Para pemain Borussia Dortmund dan Bayern Munich siap dipotong gajinya demi menjaga keuangan klub selama pandemi virus corona. Foto: Ina Fassbender / AFP

Jakarta – Pandemi virus corona jadi pu­ku­lan untuk keuangan klub. Demi me­ne­kan pengeluaran klub, para pemain Borussia Dort­mund dan Bayern Munich rela dipotong gajinya.

Liga Jerman jadi salah satu kompetisi yang terdampak virus corona di Eropa. Bundesliga saat ini tengah ditangguhkan sampai 2 April.

Tidak adanya pertandingan membuat pemasukan klub berkurang. Oleh karena itu, para pemain Dortmund dan Bayern rela dipangkas gajinya.

Para petinggi klub sudah mendiskusikan hal ini dengan pemain-pemainnya. Menurut laporan Bild, para pemain Dortmund tak keberatan dengan pemotongan gaji tersebut.

Dortmund menargetkan pemotongan gaji sebesar 20% selama tidak ada pertandingan. Jika nantinya liga dilanjutkan tanpa penonton, maka pemotogan gaji adalah sebesar 10%.

Tagihan gaji Dortmund dalam setahun adalah sekitar 140 juta euro. Itu berarti klub bisa menghemat 2,3 juta euro per bulan. Dengan pemotongan gaji itu, sebanyak 850 karyawan di Dortmund juga diharapkan tidak kehilangan pekerjaannya.

Hal serupa juga terjadi di Bayern. Para pemain dan dewan direksi Bayern akan menerima pemotongan gaji sebesar 20%. Beban gaji Bayern untuk divisi olahraga adalah sebesar 336,2 juta euro.

Para petinggi Bayern seperti Karl-Heinz Rummenigge, Oliver Kahn, dan Hasan Salihamidzic telah menyepakati keputusan itu dalam perbincangan dengan pemain-pemain senior seperti Manuel Neuer, Thomas Mueller, Robert Lewandowski, David Alaba, Joshua Kimmich, dan Thiago.dtc/ron