loader image

Polisi Bubarkan Warga yang Nongkrong Tak Karuan

TIM Gugus Tugas Covid 19 Kabupaten HST saat melakukan himbauan kepada para anak muda yang masih nongkrong di tempat umum. antara

BARABAI – Dalam upaya pencegahan dan antisipasi penyebaran Virus Corona (Covid-19) yang sudah melanda Indonesia, tim gabungan Polres HST, Kodim 1992/Barabai, Satpol PP dan BPBD HST gencar melakukan patroli baik malam maupun siang.

“Jika ada masyarakat yang masih ngumpul-ngumpul atau nongkrong tidak karuan maka akan kami bubarkan,” kata Kapolres HST, AKBP danang Widaryanto melalui Ps Paur Subbag Humas Aipda M Husaini di Barabai, Rabu.

Menurutnya, jika masih ada yang sedang melakukan kegiatan kumpul tidak karuan, polisi akan menegur dan membubarkannya. “Jika meraka tidak mau bubar dan melawan, maka akan diproses secara hukum,” katanya.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 4 tahun 1984 tentang wabah penyakit dengan dasar hukumn Undang-Undang Nomor 16 tahun 2018, apabila mengindahkan imbauan petugas yang diamanatkan terkait antisipasi penyebaran Covid-19 ini, polisi akan menindak sesuai Pasal 212, 216 dan 218 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 7 tahun penjara dan paling rendah 4 tahun.

“Kami senantiasa menyusuri tempat-tempat berkumpulnya warga, mulai dari lapangan Dwi Warna, Warung Malam, Cafe, hingga tempat nongkrong warga pun disinggahi untuk memberikan imbauan agar tetap berada di rumah guna memutus rantai sebaran Virus Corona,” tegasnya. ant