loader image

Ibunda Jokowi Meninggal Dunia

Sutjiatmi Notomiharjo. cnni

Ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sutjiatmi  Notomiharjo, meninggal dunia di Rumah Sakit Tentara  (RST) Slamet Riyadi Kota Solo, Jawa Tengah, Rabu, sekitar pukul 16.45 WIB. Kabar meninggalnya Sutjiatmi Notomiharjo tersebut dibenarkan oleh salah satu keluarganya, Haryanto, ketika berada di RST Slamet Riyadi Kota Solo.

Berdasarkan pantauan, sejumlah aparat keamanan, baik TNI maupun Polri, sudah berjaga di pintu masuk rumah sakit tersebut.

Terlihat juga sejumlah mobil milik keluarga Presiden Jokowi sudah berada di halaman rumah sakit itu. Pangdam IV/ Diponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi dan Kapolda Jateng Irjen Pol Rykco Amelza Dahniel juga sudah ada di RS itu.

Sejumlah pejabat, seperti Wali Kota Surakarta F.X. Hadi Rudyatmo, juga datang ke RST Slamet Riyadi dengan mengenakan masker, karena kondisi saat ini sedang pandemi virus corona baru (COVID-19).

Diperoleh informasi juga bahwa Presiden Jokowi bersama keluarga sedang perjalanan menuju Kota Solo. Namun, hingga kini belum ada keterangan resmi dari pihak keluarga terkait dengan meninggalnya Ibunda Presiden Jokowi.

Berdasarkan pantauan di RST Slamet Riyadi Solo, mobil jenazah yang membawa Ibunda Jokowi meninggalkan rumah sakit menuju rumah duka Sumber Banjarsari Kota Solo, sekitar pukul 18.30 WIB.

Sudah tiba di rumah duka

Jenazah ibunda Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sujiatmi Notomiharjo telah berada di rumah duka di Banjarsari, Surakarta, Rabu (25/3) petang. Berdasarkan informasi dari Biro Pers dan Sekretariat Presiden, jenazah tiba pukul 18.41 WIB.

“Jenazah tiba di rumah duka, di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Surakarta pukul 18.41 WIB,” seperti dikutip dari keterangan yang diterima CNNIndonesia.com.

Jenazah Sujiatmi sebelumnya berada di RS Slamet Riyadi, Solo. Jokowi yang tak lama setelah mendengar ibundanya meninggal langsung bertolak ke Solo sempat menuju rumah sakit.

Dari foto yang diterima, terlihat Jokowi memasuki ruang IGD mengenakan masker didampingi putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka. Kabar wafatnya ibunda Jokowi disampaikan Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Budi Arie lewat pesan singkat.

Sudjiatmi meninggal di usia 77 tahun. “Innalillahi wa innaillaihi rojiun. Eyang Notomiharjo, Ibunda Bapak Presiden Jokowi Berpulang di Solo pukul 16.45 tadi,” ucap Budi Arie.

Kabar itu kemudian dibenarkan juru bicara presiden bidang sosial Angkie Yudistia. Namun, belum diketahui penyebab meninggalnya.ant/cnni/ron