loader image

DPRD Balangan Tunda Kegiatan Kedewanan

TUNDA KEGIATAAN DEWAN – Ketua DPRD Balangan, Ahsani Fauzan, ketika memberikan penjelasan terkait  menunda seluruh kegiatan kedewanan sampai batas waktu yang belum ditentukan. Langkah ini diambil untuk mencegah penyebaran virus Corona atau covid-19. ist

PARINGIN – Dewan Per­wa­kil­an Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ba­langan menunda seluruh kegi­­a­tan kedewanan sampai batas wak­tu yang belum ditentukan. La­ngkah ini diambil untuk men­ce­gah penyebaran virus Corona atau covid-19.

Ketua DPRD Balangan, Ah­sani Fauzan mengatakan pe­nun­daan kegiaatan kedewanan ini me­ru­pakan hasil rapat badan mus­ya­warah (Bamus), yang me­mu­tuskan untuk menunda se­lu­ruh kegiatan dewan.

“Ini juga atas pertimbangan un­tuk mendukung pencegahan vi­rus corona. Kegiatan ke­de­wan­an sementara kita off sampai tanggal yang belum ditentukan, melihat situasi dan kondisinya,” jelas Fauzan kepada wartawan, di Paringin.

Setidaknya beberapa agenda de­wan yang rencananya digelar pa­da bulan ini ditunda.di an­ta­ra­nya ialah tiga agenda Rapat pa­ri­purna dengan agenda Pen­yam­apai­an , Pandangan umum dan ja­waban pemerintah terkait 9 Ra­perda Kabupaten Balangan prog­ram pembentukan peraturan dae­rah tahun 2020

Meski kegiatan dewan di­la­ku­kan penundaan, Namun , Fau­zan memastikan tugas pe­ng­a­was­an tetap dilakukan segenap ang­gota DPRD Kota Balangan. Te­ru­tama melakukan pemantauan dan mengawasi kinerja Pemkab Balangan, termasuk dalam me­na­ngani covid-19.

Lebih lanjut, Fauzan tidak bi­sa memastikan sampai kapan ke­giatan kedewanan di DPRD Balangan ditunda. Menurutnya, ang­gota legislatif di Balangan akan kembali melakukan rapat un­tuk menentukan langkah se­lan­jutnya terkait kegiatan dewan.

“Yang pasti kegiatan pe­ng­a­was­an dan penampungan aspirasi mas­yarakay tetap kita lakukan, se­lain itu juga Kita fokus dulu da­lam pencegahan penyebaran Vi­rus corona ini, dengan me­ng­a­wal gugus tugas Covid 19 Ka­bu­paten Balangan, baik itu du­ku­ngan pikiran atau pun du­ku­ng­an pengambilan keputusan ang­garan penanganannya,” kata Fauzan.

Terus Bertambah

Mes­ki belum terkonfirmasi war­ga yang positif Covid-19, jumlah Ora­ng Dalam Pemantauan (ODP)-Pasien di wilayah Ka­bu­pa­ten Balangan terus bertambah.

Orang Dalam pemantauan (ODP) di Kabupaten Balangan ber­tambah menjadi 17 orang dari data terakhir, Senin (23/3/2020) pu­kul 08.00 wita. Jumlah ini me­ni­ngkat dibandingkan data awal, Mi­nggu (22/3/2020) kemaren ya­ng tercatat 12 orang.

Bertambahnya, Status ODP ini disampaikan Tim Gugus Tu­gas Kabupaten Balangan melalui Ke­pala Dinas Kesehatan Se­tem­pat, Erwan Mega yang men­jelaskan, 17 ODP itu tersebar di Ke­camatan 7 kecamatan dari 8 kecamatan yang ada dikabupaten Balangan.

Disebutkan Erwan, 17 (tu­juh belas) ODP di Balangan data de­ngan persebaran ada d­ik­e­ca­mat­an Paringin sebanyak 3 ora­ng, Kecamatan Paringin Selatan se­banyak 4 orang,Kecamatan Ba­tu­mandi sebanhak 4, Kecamatan Lamp­ihong sebanyak 3 orang, Ke­camatan Juai ada 1 orang, Ke­camatan Halong ada 1 orang dan kecamatan Awayan ada 1 orang.

“17 ODP tersebut sesuai de­ngan hasil pemantauan dan pe­ng­awasan tim kesehatan kita, Tim kesehatan juga terus me­la­ku­kan pemeriksaan kepada war­ga terutama yang memiliki ri­wa­yat perjalanan keluar dae­rah,”Imbuhnya.

Selain itu, Erwan terus me­ng­imbau agar masyarakat tetap te­nang dan jangan panik tetapi te­tap waspada dalam menyikapi ka­sus corona covid-19. Tetap men­jaga kesehatan dengan me­ng­komsumsi makanan yang ber­gizi seimbang, istirahat yang cu­kup dan patuhi himbauan pe­me­rintah, budayakan PHBS, jaga ja­rak dengan menghindari ke­ru­mun­an/keramaian dan lain se­ba­gainya untuk memutus mata ran­tai penularan virus corona ini. sa/mc/mb03