loader image

Balangan Liburkan Sekolah

PENCEGAHAN – Bupati Balangan, H Ansharuddin saat memberikan penjelasan terkait penanganan dan mencegah penyebaran Covid 19 atau dikenal luas dengan Virus Corona. antara

PARINGIN – Jumlah Orang Da­lam Pemantauan (ODP) virus co­ro­na di Kabupaten Balangan, Ka­­limantan Selatan terus me­ni­ng­kat. Hal itu diungkapkan oleh Bu­pati Balangan Ansharuddin dalam kon­ferensi pers di kantornya usai video conference dengan Gu­ber­nur Kalsel, Minggu lalu.

Ansharuddin menyampaikan, ra­ta-rata yang masuk dalam ODP ba­ru saja pulang dari daerah pan­de­mi. Salah satunya adalah ang­gota DPRD Balangan. “Pe­ne­tap­an ODP ini, kebanyakan dari ke­sa­daran yang bersangkutan da­lam melaporkan diri, dan laporan da­ri masyarakat sekitar,” ucap dia.

Dengan semakin ber­tam­bah­nya jumlah ODP ini, Bupati Ba­la­ngan Ansharuddin akan meng­am­bil beberapa kebijakan, di an­ta­ranya menyediakan anggaran awal untuk siaga darurat corona se­besar Rp1 miliar, dan me­li­bur­kan sekolah.

“Semua sekolah dari tingkat PAUD sampai SMP sederajat, akan kita liburkan sampai dua pe­kan ke depan. Sambil menunggu si­tuasi aman terkendali,” ujar dia.

Untuk dana darurat sendiri, ka­ta dia, prioritas utama yaitu pe­ng­adaan alat pelindung diri bagi pe­tugas baik medis maupun non me­dis Satgas virus corona, sarana cu­ci tangan di tempat umum dan la­innya yang dianggap perlu.

“Fasilitas kesehatan seperti Pus­kesmas juga kita arahkan un­tuk siaga 24 jam, jadi bagi warga yang merasa ada gejala yang men­yerupai virus corona, agar se­cepatnya melaporkan diri ke fa­silitas kesehatan terdekat,” imbuh dia.

Selain sekolah, pemerintah dae­rah juga menghentikan ke­gi­ata­n keramaian yang ada di mas­ya­rakat. Salah satu di antaranya car free day, apel pagi di setiap in­stansi, bahkan rangkaian ke­gi­ata­n perayaan Hari Jadi Balangan pun ikut diundur.

“Untuk kegiatan pe­me­rin­tahan sudah kita tunda pe­lak­sa­na­annya. Sementara untuk se­ko­lah, dari PAUD sampai sekolah ti­ngkat atas diliburkan mulai be­sok, ini merupakan upaya pe­n­ce­gahan penyebaran virus corona di wilayah Balangan,” ungkap An­sharuddin usai rapat koordiasi Gu­gus Tugas Virus Corona Ka­bu­paten Balangan.

Kendati sekolah diliburkan, An­sharuddin mengimbau agar pa­ra siswa ataupun pelajar tidak me­lakukan aktivitas, seperti jalan-ja­lan ataupun mengunjungi tem­pat keramaian untuk mencegah dan meminimalisir dampak ter­ja­dinya penyebaran virus corona ya­ng sedang menjadi masalah se­lu­ruh dunia saat ini.

Sebagai pengganti ilmu pe­ng­etahuan yang akan didapat se­la­ma libur, Ansharuddin me­ng­a­takan, ada beberapa pilihan yang bi­sa diterapkan, yakni melalui me­dia online dan bisa juga para gu­ru memberikan soal-soal ke­pa­da para siswa untuk dikerjakan di rumah.

“Untuk perkantoran di li­ng­ku­ng­an Pemkab Balangan, kita akan mengurangi jadwal ak­ti­vitas, seluruh perangkat daerah ju­ga harus menghentikan kegiatan kun­jungan kerja, serta kegiatan ya­ng mengumpulkan pengawai atau­pun masyarakat, seperti upa­ca­r­a dan apel pagi,” tegasnya. sa/mb03