loader image

Antisipasi Virus Corona ada 62 Majelis di Tanbu Diliburkan

H Ahmad Kamal

BATULICIN – Sedikitnya 62 majelis taklim yang ada di Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu) diliburkan sementara guna mengantisipasi potensi pen­yebaran virus Corona (Covid-19) di wilayah tersebut.

Menurut Kepala Kantor Kemen­terian Agama Kabupaten Tanbu, H Ahmad Kamal, seiring surat edaran yang telah dikeluarkan pemerintah, baik itu dari Gubernur Kalimantan Selatan maupun Bupati Tanbu, maka majelis taklim tersebut mengikuti edaran dan anjuran yang dikeluarkan pemerintah.

“Majelis taklim yang diliburkan itu, kami peroleh datanya dari laporan para Penyuluh Agama yang ada di KUA masing-masing kecamatan,” sebut H Ahmad Kamal di ruang kerjanya, di Batulicin, Selasa (24/03).

Perlu diketahui, ujar Ahmad, jumlah majelis taklim tersebut adalah jumlah sementara yang telah terla­porkan di Kantor Kemenag Kabupaten Tanbu.

“Memang tidak menutup kemung­kinan, masih ada majelis taklim yang belum termasuk dalam data, karena itu pihaknya akan terus memberikan himbauan untuk melaksanakan edaran yang telah dikeluarkan pemerintah,” kata Kemenag Tanbu itu.

Masih menurut Ahmad Kamal, libur sementara majelis taklim itu adalah bentuk dukungan dan kerja­sama dari para alim ulama dan pimpinan majelis taklim yang ada di Bumi Bersujud terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 yang dilakukan oleh Pemkab Tanbu.

Dalam kesempatan itu, Kepala Kantor Kemenag Tanbu juga meng­himbau kepada masyarakat yang akan melangsungkan pernikahan untuk membatasi jumlah orang yang hadir, sekaligus memperhatikan standar kesehatan serta menunda acara resepsi pernikahan yang mengundang orang banyak.

“Untuk prosesi akad nikah, kami menghimbau agar hanya sampai 10 orang yang hadir. Sedangkan untuk walimah pernikahan, kalau bisa untuk ditunda,” imbuhnya. rel/mz/ani