loader image

Antisipasi Covid-19, KPU Balangan Tunda Sebagian Tahapan Pilkada 2020

TAHAPAN PILKADA – Konferensi pers, terkait keputusan KPU Nomor : 037/PL.02-Kpt/6311/Kpu-Kab/III/2020, tentang penundaan tahapan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Balangan tahun 2020, dalam upaya pencegahan Covid-19. mb/sugiannor

PARINGIN – Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Balangan (KPU), bersama media wartawan ada­kan konferensi pers, terkait ke­pu­tusan KPU Nomor : 037/PL.02-Kpt/6311/Kpu-Kab/III/2020, tentang penundaan tahapan pe­mi­lihan Bupati dan Wakil Bu­pati Balangan tahun 2020, dalam upa­ya pencegahan Covid-19, ber­tempat di Aula KPU Kabupaten Ba­langan, kemarin.

Dalam hal ini, penundaan ta­hap­an Pilkada 2020 telah di­pu­tus­kan oleh KPU Kabupaten Ba­langan, yang akan berpengaruh ba­gi elektabilitas para kandidat da­lam proses running sosialisasi se­ja­uh ini.

Ketua KPU Kabupaten Ba­la­ngan, Saripani menyampaikan, ter­kait tindak lanjut dalam men­ce­gah penyebaran wabah Covid-19 yang tengah terjadi saat ini, pi­haknya telah menunda beberapa hal dalam pelaksanaan Pilkada ta­hun 2020.

“Tahapan yang ditunda itu ada­lah verifikasi faktual du­ku­ng­an calon perseorangan, pem­ben­tuk­an petugas pemutakhiran data pemilih, dan juga proses pen­co­cok­an serta pencoklitan daftar pe­milih itu yang kita tunda sesuai de­ngan surat keputusan KPU RI No.109 dan surat edaran KPU RI No.08 tahun 2020,” jelasnya.

Lanjut Saripani, untuk pe­nun­daan beberapa tahapan Pi­lka­da serentak ini telah dilakukan se­suai dengan keputusan KPU RI, namun pelaksanaannya akan tetap berjalan hingga waktu yang di­tentukan.

Senada dengan hal itu, KPU Ka­bupaten Balangan akan terus ber­koordinasi dengan Pemerintah Dae­rah, apabila dalam anggaran da­na yang akan dipergunakan ti­dak mencukupi biaya dalam p­e­lak­sanaan Pilkada ini.

“Kalau di NPHD kita, bisa di­lakukan perubahan apabila ka­mi mengalami kekurangan dana, ja­di kalau nanti terjadi ke­ku­ra­ng­an maka kami akan meminta tam­bahan dana,” ujar Saripani.

Saripani bersama jajaran juga me­ng­imbau kepada masyarakat Ba­la­ngan untuk selalu menjaga k­e­sehatan, dalam menghadapi wa­bah Covid-19, dan dengan ada­nya ini KPU Kabupaten Ba­la­ngan siap melaksanakan semua ta­hapan yang ada dalam rangka Pil­kada serentak tahun 2020. sa/mb03