loader image

PKK-Dinkes Ingatkan Warga Pola Hidup Bersih

SOSIALISASI – Pihak Dinkes HSU sampaikan sosialisasi PHBS di masyarakat Paminggir. mb/yusuf

AMUNTAI – Ditengah mer­e­baknya kasus virus Corona (Covid 19) di Indonesia, Tim Penggerak PKK Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) bersama dengan Dinas Kesehatan HSU terus berupaya budaya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) ditengah-tengah masyarakat.

Hal tersebut seperti yang diungkapkan  Ketua tim Pokja 4 TP. PKK HSU H M. Yunus saat menggelar sosialisasi PHBS bersama kader Dasawisma di Desa Ambahai Kecamantan Paminggir kemarin. Lebih lanjut, Yunus men­je­las­kan pentingnya PHBS bagi masyarakat merupakan langkah penting pencegahan dari penyakit.

“ Kita mudah lakukan pen­ce­gahan salah satunya dengan mencuci tangan dengan sabun dan air bersih mengalir, karena virus itu bisa mati kalau terkena sabun,” ujarnya.

Selain itu, Yunus juga mengharapkan disamping para kader dapat menjalankan arti penting akan PHBS dalam kehidupan nya sehari-hari, para kader juga diharapkan dapat menjadi posyandu guna kesehatan dan keselamatan ibu, bayi dan balita nantinya.” Imbuhnya.

Sementara itu, hal serupa juga ditekankan Kabid Kesmas Dinkes HSU Eddy Hadriyannor saat memberikan sosialisasikan program PHBS bahwa menjaga kebersihan lingkungan, mencuci tangan dengan sabun dan benar akan menjadi efektif mencegah berbagai macam penyakit. “Ditambah dengan makan makan yang bergizi, selalu melakukan olahraga dan aktivitas fisik,” ujarnya.

Terus, Kabid Kesmas ini juga memaparkan pentingnya peng­gunaan air bersih, sanitasi yang baik, penggunaan jamban sehat dirumah, pemberantasan jentik nyamuk DBD, tindakan persalinan oleh tenaga kesehatan, pemberian ASI eksklusif serta proses pemeriksaan kesehatan bayi dan balita melalui posyandu setiap bulannya.

Sementara itu,  sosialisasi kali ini, para peserta juga diberikan pemaparan tugas utama  Kader asawisma serta diajak untuk mempraktekkan cara mencuci tangan dengan sabun yang benar ditambah dengan game-game menarik dan diskusi seputar PHBS.suf/mb03