loader image

Kalsel Makin Intensifkan Pencegahan Covid-19

BANJARMASIN – Segenap komponen di Pro­vinsi Kalimantan Selatan,  makin me­ng­in­tensifkan upaya pencegahan, pengendalian dan penanganan Covid-19 menyusul pe­ni­ng­katan status dari siaga menjadi darurat ben­ca­na covid-19 tersebut.

Juru Bicara Gugus Tugas Pencegahan, Pe­ng­endalian dan Penanganan Covid-19 Pro­vinsi Kalsel, HM Muslim di Banjarmasin, ke­ma­rin mengatakan, kini semua stakeholder an­tarlintas sektor saling bersinergi dalam me­ng­hadapi ancaman Virus Coruna.

“Kini semua komponen masyarakat di Kal­sel makin mengintensifkan upaya preventif da­lam rangka pencegahan penyebaran virus ko­rona tersebut,” ujarnya.

Muslim yang juga menjabat Kepala Dinas Ke­se­hatan Provinsi Kalsel itu mengatakan, lang­kah itu antara lain mensterilkan kantor pe­merintah dan ruang publik meliburkan se­ko­lah dan mengatur kehadiran ASN.

Muslim juga mengimbau masyrakat untuk me­la­kukan gerakan masyarakat hidup sehat (Ger­mas), makan yang bergizi, rajin be­ro­lah­raga, istirahat yang cukup, cuci tangan de­ng­an sabun dan air yang mengalir. “Jika masyarakat merasa demam dan se­sak nafas segera ke fasilitas kesehatan dan se­lalu berdoa,” tuturnya.

Ketua Harian Gugus Tugas P3 Covid Pr­o­vinsi Kalsel, H Wahyudin menambahkan, k­ini seluruh kabupaten/kota bergerak cepat me­lakukan aksi penyemprotan massal fa­si­li­tas-fasilitas umum yang ada di daerah ma­sing-masing.

Selain itu, kata Ujud (panggilan ak­rabnya), dengan adanya peningkatan status men­jadi darurat bencana, maka lembaga pen­di­dikan mulai TK hingga perguruan tinggi (PT), termasuk pendidikan keagamaan di­li­bur­kan.

Disamping itu, kata Wahyudin yang juga men­jabat Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Pe­nanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pro­vin­si Kalsel itu, juga terjadi pengurangan apa­ratur sipil negara (ASN) di lingkungan Pem­prov Kalsel.

Menurut Ujud, bagi ASN yang mengidap pen­yakit Ispa dan tidak ada jadwal di kantor, m­a­ka mereka bekerja di rumah dan bagi mas­ya­rakat diimbau tidak keluar rumah, kecuali me­mang urusan penting. adpim/ani