loader image

Bupati Apresiasi STQ di Tambang Ulang

Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta memukul bedug sebagai tanda dibukanya STQ tingkat Kecamatan Tambang Ulang tahun 2020

PELAIHARI – Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta mengapresiasi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) yang digelar di Kecamatan Tambang Ulang, Sabtu (21/3).

“Hampir 25 tahun Kecamatan Tambang Ulang berdiri sejak 1996, baru hari ini bisa melaksanakan STQ, hal itu satu langkah yang luar biasa,” ujar Sukamta.

Terlebih lagi, sambung Kamta (sapaan akrabnya), meski desa-desa di Kecamatan Tambang Ulang sedikit, tapi peserta STQ-nya sangat banyak.

“Saya kira hal itu menunjukkan, semangat masyarakat Kecamatan Tambang Ulang membumikan Alqur’an dalam kehidupan sehari-hari,” tutur Kamta.

Menurut Kamta, STQ jangan dipandang sebagai perlombaan semata, namun juga wadah dakwah agar seluruh masyarakat tertarik dan memahami serta mengamalkan Alqur’an.

Karena itu, imbuh Kamta, siapapun masyarakat yang punya potensi di bidang Alqur’an agar ikut dalam STQ tingkat Kecamatan maupun MTQ tingkat Kabupaten.

Menyinggung virus korona, Kamta mengimbau kepada masyarakat agar jangan keluar dari Kabupaten Tala untuk sementara waktu, sampai semua kondisi dan situasi membaik.

Bahkan Pemkab Tala mengambil kebijakan tidak meliburkan sekolah dan tidak menginstruksikan jajaran ASN di lingkup Pemkab Tala untuk bekerja dari rumah.

“Jika sekolah diliburkan dan ASN bekerja di rumah, maka dikhawatirkan bagi para pelajar dan ASN, malah bepergian keluar daerah Tala,” katanya.

“Untuk pelajar, lebih baik mereka tetap bersekolah. Tugas kita menjaga jangan sampai ada orang luar Tala yang masuk ke lingkungan sekolah,” jelas Kamta.

Pembukaan STQ tingkat Kecamatan Tambang Ulang tahun 2020 tersebut ditandai pemukulan bedug oleh Bupati Tanah Laut (Tala), H Sukamta.

Total kafilah yang mengikuti berlomba dalam STQ ini berjumlah berjumlah 130 orang, belum termasuk ofisial dan perangkat desa.

Ada lima cabang yang diperlombakan yakni cabang tilawatil Alqur’an, cabang hifzil Qur’an/hafalan Alqur’an, cabang syarhil Qur’an, cabang khat/seni kaligrafi Alqur’an serta cabang musabaqah makalah Alqur’an. can/ani