loader image

Atlet Wasaka Jalani Tes Kesehatan

Kabid Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kalsel, Fitri Hernadi. mb/Mad

BANJARMASIN – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Selatan (Kalsel) melalui Satuan Tugas (Satgas) Juara PON XX tahun 2020 melakukan tes kesehatan atau Medical Check Up kepada seluruh atlet dan pelatih.

Hal tersebut untuk mengetahui serta mendata kondisi kesehatan atlet dan pelatih yang akan mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2020 di Provinsi Papua.

Kabid Pembinaan Olahraga Prestasi Dispora Kalsel, M Fitri Hernadi mengatakan, tes kesehatan Tahap I telah dilakukan mulai 16 sampai 17 Maret 2020 kemarin dan saat ini pihaknya sedang menunggu hasil dari pemerik­saan tersebut.

“Tes kesehatan bertujuan agar memak­si­mal­kan pencapaian prestasi olahraga daerah pada kejuaraan multi event nasional yaitu PON ke XX tahun 2020,” ucapnya.

Dikatakannya, untuk mengetahui hasil dari medical check up cukup lama, antara dua sampai tiga minggu setelah melakukan tes. Setelah mengetahui hasil tes, akan terlihat standar bugar yang telah ditetapkan.

“Hasil itu untuk program pelatihan maksimal PON XX, untuk indikator kesehatan masing-masing atlet. Kita tes agar memiliki standar bugar, dari situ akan kita fokuskan latihannya tergantung kesehatan atlet. Kalau kegemukan fokus penurunan berat badan,” bebernya.

M Fitri Hernadi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Satgas Juara PON XX tahun 2020 menuturkan, hasil tes kesehatan Tahap I juga sebagai indikator untuk menjaga kesehatan dan kebugaran atlet, seperti mempersiapan asupan gizi atlet sesuai kebutuhan.

Tes kesehatan selanjutnya akan dilak­sa­na­kan setelah program pelatihan maksimal PON XX selesai atau pada saat mendekati kejuaraan multi event nasional tersebut. Mad