loader image

Kartu Prakerja Diluncurkan

JAKARTA – Pemerintah resmi meluncurkan si­tus kartu Prakerja yang dapat diakses di se­lu­ruh Indonesia, Jumat (20/3).

Pemerintah menggandeng de­la­pan platform digital, te­r­ma­suk Bukalapak, Mau Belajar Apa, Bukalapak dan Ruangguru un­tuk menyebarkan informasi me­ng­enai pelatihan yang me­ru­pa­kan bagian dari pelaksanaan Kar­tu Prakerja.

Menteri Koordinator Bidang Pe­rekonomian Airlangga Har­tar­to yang juga menjabat sebagai Ke­tua Komite Cipta Kerja me­ng­atakan, ini pertama kalinya pe­m­erintah menggandeng pe­ru­sa­haan rintisan digital. Kerja sama ini dalam rangka menjangkau le­bih banyak masyarakat.

Selain marketplace dan plat­form pembelajaran digital, pe­me­rintah juga menggandeng tiga mit­ra pembayaran, yakni Ovo, LinkAja dan BNI. “Dengan 11 mitra ii, mulai dari pendaftaran, pe­milihan (pelatihan dan pem­bi­naan), proses pelatihan hingga pem­bayaran insentif pasca pe­la­tih­an sudah dapat dilakukan,” tu­tur Airlangga dalam acara pe­lun­curan di kantornya, Jakarta, Jumat (20/3).

Airlangga mengatakan, Kar­tu Prakerja diharapkan dapat mem­bantu tenaga kerja yang ter­dam­pak virus corona (Covid-19) un­tuk meningkatkan keterampilan me­lalui berbagai jenis pelatihan se­ca­ra daring (online) yang dapat di­pilih sesuai minat mereka ma­sing-masing. Khususnya, tengah im­bauan pemerintah untuk me­la­kukan aktivitas dari rumah, ter­masuk belajar.

Selain online, pelatihan de­ng­an Kartu Prakerja juga akan di­la­kukan secara offline dengan me­libatkan lembaga swasta di se­jumlah daerah. Untuk tahap per­tama, pemerintah fokus me­ng­em­ba­ng­kannya di empat daerah yak­ni Sulawesi Utara, Bali, Surabaya dan Kepulauan Riau.

Pelatihan dapat dilakukan se­ca­ra online, offline maupun hyb­rid. Tapi, mengingat penyebaran Co­vid-19 yang sedang intensif, Air­langga  mendoron masyarakat dan mitra kerja untuk mem­pr­i­o­ri­taskan pelaksanaan pelatihan online.

“Kami dorong online terlebih da­hulu. Kami persilakan kepada pa­ra penyelenggara kursus yang ba­gus sebagai mitra penyedia pe­latihan Kartu Prakerja di platform ya­ng ada,” ujar Airlangga yang ju­ga bertindak sebagai Ketua Ko­mite Cipta Kerja.

Sementara itu, Direktur Ek­sekutif Manajemen Pelaksana Kar­tu Prakerja Denni Puspa Pur­ba­sari menjelaskan, peluncuran si­tus ini merupakan tahapan soft laun­ching Kartu Prakerja. Selama dua pekan ke depan, pihaknya ber­sama seluruh mitra kerja terus mem­perkaya website dan me­n­yem­purnakan sistem. Kegiatan ini di­lakukan beriringan dengan s­o­si­alisasi ke empat daerah yang di­targetkan sebagai lokasi awal pe­laksanaan pelatihan.

Denni menargetkan, mas­ya­rakat sudah bisa mendaftarkan di­ri pada awal April. Pendaftaran akan diprioritaskan secara online un­tuk mencegah duplikasi ata se­se­orang mendaftarkan diri de­ng­an dua akun berbeda. “Sehingga ti­dak bisa klaim benefit dua kali,” ujar Denny yang juga Deputi III Ke­pala Staf Kepresidenan ter­se­but. rep/mb06