loader image

DPPPA Bentuk Gugus Tugas Menuju KLA

KOTA LAYAK ANAK – Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kabupaten Balangan, di ruang rapat Kantor Bupati Balangan.(ist)

PARINGIN, MB – Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kabupaten Balangan, adakan Rapat Koordinasi Gugus Tugas Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA) Kabupaten Balangan, di ruang rapat Kantor Bupati Balangan.

Bupati Balangan, Ansharuddin mengatakan keterkaitan masing-masing SKPD sangat diharapkan guna pelaksanaan Kabupaten Layak Anak ini.

Dapat diambil contoh, anak yang sudah memenuhi persyaratan untuk memiliki Kartu Tandak Penduduk (KTP). Maka Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yang proaktif. “Jika yang berkaitan dengan kesehatan, maka Dinas Kesehatan lah yang harus proaktif,” ujarnya.

Kepala Bidang Pemenuhan Hak Anak DPPPA Provinsi Kalimantan Selatan sekaligus narasumber, Andrian Anwary mengatakan Kegiatan ini adalah penguatan kembali, kepada anggota gugus tugas Kabupaten Balangan. Sebagai informasi, tahun 2019 Kabupaten Balangan mendapatkan penghargaan tingkat pratama.

Untuk meningkatkan ke madya dan seterusnya, harus ada program dan kegiatan yang terencana. KLA sendiri merupakan pembangunan dengan sistem yang menjamin pemenuhan hak anak dan perlindungan terhadap anak yang dilakukan secara terencana dan menyeluruh.

Kepala Dinas DPPPA Kabupaten Balangan Halidi menyampaikan rasa terimakasihnya kepada narasumber yang ikut membantu dalam rangka mempersiapkan Kabupaten Layak Anak.

Halidi berharap agar pemkab Balangan dapat mencapai tingkat KLA agar lebih baik pada tahun 2020 ini. “Mudah-mudahan semua dapat berhasil, untuk mencapai jenjang yang lebih baik lagi,” harapnya.

Perlu adanya dukungan pemerintah, masyarakat, dunia usahan dan media masa sebagai penopang terwujudnya Kabupaten Layak Anak ini.(sa/mb03)