loader image

KPU Tala Lantik Anggota PPK Terpilih

Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kabupaten Tanah Laut (Tala) saat mengikuti prosesi pelantikan

PELAIHARI – Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) harus mampu bersikap proaktif dalam pelaksanaan pemilihan gubernur dan wakil gubernur Kalimantan Selatan (Kalsel) yang diselenggarakan sehingga semua dapat berjalan dengan baik dan aman.

Hal itu disampaikan Asisten Bidang Administrasi Umum Setdakab Tanah Laut, Safarin saat menghadiri pelantikan anggota PPK dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan Tahun 2020 bertempat di Gedung Sarantang Saruntung, Kamis (27/02).

“Saya harapkan PPK yang sudah dilantik agar bekerja secara profesional, independen dan menjaga integritas dan memenuhi tugas serta tanggung jawab bekerja secara maksimal dan koordinasi, komunikasi dengan muspika di wilayah kecamatan masing -masing,” ucap Safarin.

Sementara itu, Ketua KPU Kabupaten Tala, Arif Mukhyar menuturkan PPK memiliki tugas dan wewenang serta kewajiban untuk membantu kerja dan tugas KPU dalam tahapan penyelenggaraan pemilihan di tingkat kecamatan.

“Untuk seluruh anggota PPK menjaga amanah yang diberikan oleh saudara-saudara sekalian untuk dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab,” pesannya.

Edy Ariansyah selaku anggota KPU Provinsi Kalsel menyebutkan ada tiga aspek penting yang harus ditanamkan bagi penyelenggara pemilihan di tingkat kecamatan terutama asas Langsung, Umum, Bebas Rahasia, Jujur dan Adil (Luberjurdil).

“Setiap orang yang memiliki hak dan wewenang untuk memilih dan dipilih harus dilayani secara adil dan proporsional,” tegasnya.

Turut berhadir pada acara tersebut Forkopimda, KPU Provinsi Kalsel, Kepala SKPD Tala, Kepala Bawaslu, para Camat Tala dan undangan lainnya. can/ani