loader image

Kodim-Pemkab Bikin Jalan di Daerah Terpencil

BUPATI Kotabaru H sayed Jafar dan Kasdim 1004 Kotabaru beserta jajaranya saat meninjau lokasi akan dibangun jalan di Desa Rampa Manunggul. antaranews kalsel

KOTABARU – Pemerintah Daerah Kabupaten Kotabaru bekerja sama dengan Kodim 1004 Kotabaru akan menggelar program Karya Bakti berupa pembuatan jalan di daerah terpencil guna membuka akses, pengembangan ekonomi, dan kemajuan bagi masyarakat setempat.

Dalam program Karya Bakti pada 2020 ini ditetapkan pem­bangunan jalan sepanjang 5 kilometer di Desa Rampa Ma­nunggul, yang dimaksudkan untuk menghubungkannya den­gan ibukota Kecamatan Sampa­nahan dan desa-desa sekitarnya.

Ditemui di sela-sela penin­jauan, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengungkapkan program ini akan dilaksanakan pada bulan depan dengan panjang jalan yang akan dibangun kurang lebih 5 km. Desa Rampa Manunggul sangat jauh aksesnya menuju daratan.

“Kita tahu Desa Rampa Manunggul sangat jauh aksesnya dari daratan, maka dari itu kita carikan jalan pintas supaya nanti mereka bisa menikmati juga aliran listrik. Insya Allah dalam tiga bulan sudah selesai pengerjaa­nnya,” tutur Sayed Jafar.

Orang nomor satu di Bumi Saijaan ini mengungkapkan, jalan ini kelak dapat menghubungkan akses dari desa menuju ibu kota kecamatan. “Dan nantinya kalau bisa kita pindahkan sebagian penduduknya”.

Sementara, Kasdim 1004 Kotabaru Samsul Kusairi men­jelaskan, Karya Bakti ini mer­u­pakan program Angkatan Darat untuk membantu pemerintah daerah dalam rangka pem­bangunan, terutama daerah terpencil, agar wilayah tersebut dapat berkembang, baik ekonomi serta penduduknya juga bisa lebih maju.

“Karya bakti ini murni dari pemerintah daerah dan mend­apatkan dukungan dari komando atas TNI Angkatan Darat dan dilaksanakan 2 tahun sekali, bergantian dengan program TMMD,”jelasnya. ant