loader image

Gubernur Bantu Korban Bencana Banjir di Kabupaten HSU

Menyerahkan Bantuan – Kepala Pelaksana BPBD Provinsi Kalsel, H Wahyuddin saat menyerah­kan bantuan Gubernur Kalsel untuk korban bencana banjir di Kabupaten Hulu Sungai Utara. humas

BANJARMASIN – Gubernur Kalimantan Selatan, H Sahbirin Noor  memberikan bantuan logistik kepada korban bencana banjir di Ka­bu­paten Hulu Sungai Utara (HSU) di Amuntai, Kamis (13/2).

Bantuan tersebut disampaikan menyikapi masa tanggap darurat di kota itik tersebut, oleh Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD Provinsi Kalsel, H Wahyuddin yang diterima secara simbolis Wakil Bupati HSU, H Husairi Abdi.

Menurut Wahyudin, sejak Rabu, pihaknya telah membuka dapur umum, melakukan pendampingan terhadap BPBD setempat dalam melaksanakan tanggap darurat.

BPBD Provinsi Kalsel juga melakukan evakuasi korban, menyalurkan distribusi ke titik lokasi. “Kami berharap bantuan tanggap darurat tersebut tepat waktu, sasaran, jumlah dan kualitas,” ujarnya.

Dari pantauan BPBD Kalsel, satu orang meninggal dunia akibat kesetrum listrik. Sampai saat ini data korban banjir di Kabupaten HSU berjumlah 119 desa menyebabkan 12.259 buah rumah penduduk terendam yang dihuni sebanyak 14.487 kepala keluarga (KK) atau 55.162 jiwa.

Posisi air mulai mengalami penurunan di pusat jalanan kota Amuntai, namun meninggi di bagian selatan seperti di daerah  Negara dan Danau Panggang. Desa yang terisolir juga menurun dari empat menjadi tiga.

Selain di Kabupaten HSU, berdasarkan data Dinas Sosial Provinsi Kalsel, banjir juga telah melanda tujuh daerah lainnya di Kalsel yakni Kabupaten Tabalong, Balangan, Hulu Sungai Tengah (HST), Tapin, Tanah Laut (Tala) dan Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu).

Kasi Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam pada Dinas Sosial Provinsi Kalsel, Achmadi, SSos menyebutkan korban yang terkena dampak banjir tersebut di Kabupaten Tabalong sebanyak 2.184 KK atau 5.454 jiwa, di Kabupaten Balangan sebanyak 716 KK atau 2.797 jiwa.

Menurut Madi (sapaan akrabnya), di Kabupaten Tapin sebanyak 442 KK atau 1.565 jiwa, Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), sebanyak 15 KK atau 60 jiwa, di Kabupaten Banjar 1.317 KK atau 4.649 jiwa, Kabupaten Tanah Laut 152 KK atau 544 jiwa dan Kabupaten Tanah Bumbu 557 KK atau 1.804 jiwa.

Akibat banjir selama sepekan tersebut menyebabkan 20.294 KK atau 73.008 jiwa yang terkena dampak dan tiga orang meninggal dunia akibat terkena setrum listrik yakni satu di Kabupaten HSU dan dua di Kabupaten Banjar. rel/ani