loader image

Disbudparpora kotabaru Segera Perbaiki Tulisan Siring Laut

Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Kotabaru, Khairian Ansyari

KOTABARU – Ikon Kotabaru berupa tulisan Siring Laut Kotabaru telah roboh. Direspon langsung Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Kotabaru.

Seperti diketahui, musim hujan yang lebat disertai angin kencang sempat mengguncang, melanda wilayah pusat Kotabaru dan mengakibatkan ikon objek wisata yang bertulisan “Siring Laut Kotabaru,” ambruk beberapa hari lalu.

Beruntung kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, namun mengakibatkan kurangnya ikon wisata Siring Laut yang sering digunakan para wisatawan untuk tempat berfoto-foto.

Kepala Dinas Disbudparpora Kotabaru, Khairian Ansyari mengatakan tulisan Siring Laut Kotabaru yang roboh akibat diterjang angin kencang pada Kamis lalu, merupakan bangunan pada tahun 2014 saat ingin menyelenggarakan Hari Nusantara.

“Mungkin tahun 2014 ke 2020 ya pasti sudah enam tahunan, juga bahannya itu terbuat dari galvanis, kemudian ada plat yang menutup,” jelas dia.

Karena korosi dan hawa laut yang sering kena tempiasan air laut jadi menyebabkan keropos. “Ketika terkena angin kencang langsung roboh,” imbuhnya kepada Wartawan, Kamis (13/2).

Lebih lanjut, dia mengatakan, untuk mengganti salah satu Ikon Objek Wisata Siring Laut tersebut, pihaknya mengganti membangun itu dengan yang baru, belum ada anggarannya.

Namun, pihaknya akan memperbaiki dengan memanfaatkan pondasi bangunan yang masih bisa dipakai. “Kalau untuk baru, kita saat ini belum ada anggaran, tetapi akan segera kita perbaiki dengan memanfaatkan yang masih bisa dipakai,” kata dia.

Tentu juga sesuai arahan Bupati Kotabaru, untuk segera memperbaiki ikon tersebut. bet/ani