loader image

SMKN 3 Terus Berinovasi Bidang Keagamaan

SMKN 3 banjarmasin

BANJARMASIN – Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Banjarmasin terus melakukan inovasi di bidang keagamaan dalam rangka men­dukung visi dan misi sekolah tersebut yang berkarakter dan religius.

Kali ini, Jumat (31/1) SM­KN 3 Banjarmasin yang dipim­pin, Muhammad Ali Muksin memulai melaksanakan inovasi yakni mendirikan majelis ta’lim Dhuha bagi pendidikan dan tenaga kependidikan di sekolah tersebut.

 Muksin saat membuka Majelis Ta’lim Dhuha tersebut mengatakan, pihaknya akan terus memberikan ilmu pengetahuan agama bagi pendidikan dan tenaga kependidikan.

“Kita menyadari guru dan tenaga kependidikan di sekolah umum seperti SMKN 3 ini sangat sedikit mendapatkan pengetahuan agama, karena itu perlu ada tambahan dan tambahan itu melalui Majelis Ta’lim ini,” katanya.

Dia mengakui, perlu tam­bahan ilmu pengetahuan agama tersebut dimaksudkan agar para guru dan tenaga kependidikan saat berada ditengah masyarakat bisa menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat di lingkungannya.

Dalam kajian Islam tersebut, kata Muksin, diharapkan mampu menambah pengetahuan agama sebagai kewajiban bagi umat Islam, minimal terkait kewajiban yang harus dilaksanakan.

Pada pembukaan Majelis Ta’lim Dhuha tersebut, tausiah disampaikan KH Ahmad Mul­kani dari Banjarbaru yang mengupas tentang tauhid, fiqh dan tasuaf yang merupakan kewajiban dan fardhu ain bagi setiap umat Islam.

Menurut KH Ahmad Mul­kani yang merupakan alumni dari Pondok Pesantren Darul Mus­tafa, Tarim pimpinan Guru Mulia Habib Umar Bin Hafiz itu, menuntut ilmu yang perdu ain tersebut harus sekaligus, namun dasarnya yang merupakan kewa­jiban umat Islam.

Baca juga :  Pelamar PKB Bakal di Fit and Proper Test

Ketua Imtaq SMKN 3 Ban­jarmasin, H Ahmad Rizqon mengatakan, kegiatan Majelis Ta’lim Dhuha ini dilaksanakan satu bulan sekali pada minggu keempat dan Jumat kali ini merupakan perdana bagi pendidi­kan dan tenaga kependidikan di SMKN 3 Banjarmasin.

Selain itu, kegiatan keaga­maan yang sudah berlangsung selama ini di SMKN 3 Banjar­masin adalah Jumat Taqwa bagi siswa dan siswi SMKN 3 Banjarmasin.

“Kita juga mencanangkan Jumat Berkah yakni memberi makan bagi jemaah yang melak­sanakan shalat Jumat di Masjid Out Door El Rusydi SMKN 3 Banjarmasin,” katanya. ani